Nasional

3 Kakor Baharkam Polri Beri Arahan kepada Jajaran Baharkam di Polda Jateng

Baharkam Promoter! – Tiga kepala korps jajaran Baharkam Polri memberikan arahan kepada jajaran Baharkam kewilayahan di Polda Jawa Tengah, bertempat di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Semarang, Senin, 3 Februari 2020.

Ketiga kakor tersebut masing-masing adalah Kakorpolairud Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH, M.Hum, Kakorsabhara Irjen Pol Drs H Bambang Ghiri SE, dab Kakorbinmas Irjen Pol Drs Herry Wibowo MH.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Jateng Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi, dan jajaran Baharkam di Polda Jateng sebanyak 292 personel.

Dalam arahannya, Kakorpolairud menjelaskan, ada lima program kerja Polairud, yakni peningkatan dan pengembangan SDM Polairud; pengembangan dan peningkatan struktur organisasi Polairud; pengembangan alut dan almatsus yang modern, pengembangan sistem dan teknologi informatika dalam rangka pelayanan kepada masyarakat; dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain itu, Kakorpolairud juga berpesan kepada jajarannya untuk meninggalkan budaya dan sikap yang tidak baik. Sebaliknya, ia berpesan agar jajarannya meningkatkan kinerja serta menumbuhkan jiwa korsa dan kebanggaan sebagai anggota Polairud.

“Tingkatkan sinergitas dengan TNI dan instansi terkait lainnya, karena kita tidak akan bisa bekerja sendiri,” imbuh Irjen Pol Lotharia Latif.

Sementara itu, Kakorsabhara memberikan penekanan agar jajarannya mempersiapkan diri dan mental untuk menghadapi kalender Kamtibmas 2020, yakni Pilkada Serentak 2020, PON XX Papua 2020, dan persiapan Piala Dunia U-20 Tahun 2021.

Kepada jajaran Binmas, Kakorbinmas mengingatkan, saat ini masyarakat menginginkan polisi masih harus meningkatkan kinerja dan profesionalisme serta kehadiran polisi harus respons cepat dan tepat bila dibutuhkan masyarakat.

“Secara filosofis, harapan masyarakat di seluruh dunia terhadap polisi sama, menginginkan polisi yang cepat dan tepat serta selalu benar, serta polisi tidak boleh salah dan tindakannya harus sesuai aturan hukum,” kata Irjen Pol Herry Wibowo.

Oleh karena itu, menurutnya, kinerja polisi saat ini harus transparan, karena diawasi dan dipantau langsung oleh masyarakat.

Selain itu, Kapolda Jateng ikut memberi penekanan. Dalam sambutannya, ia menekankan akan membuat kebijakan apel gabungan Satpam, pelatihan Satpam secara maksimal, dan apel di Mako Polres. “Karena Satpam jumlahnya lebih besar dari Polri.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button