Gaya Hidup

5 Manfaat Memelihara Hewan

Jakarta: Memelihara hewan tidak hanya sekedar menyenangkan mata namun juga menghangatkan hati Anda. Hal ini sangat baik untuk kesehatan mental jangka panjang. Bila Anda memliki kesehatan mental yang baik hasilnya fisik Anda pun bisa menjadi lebih baik.

Dilansir dari Psychology Today ada beberapa manfaat kesehatan dari cinta yang diberikan oleh hewan peliharaan Anda, apa saja manfaatnya?

1. Kimia Otak: Kortisol, dopamin, oksitosin

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa hubungan antara hewan peliharaan dan kesehatan mental dan fisik bukanlah hanya sebuah persepsi. Para peneliti telah membuktikan bahwa berinteraksi dengan hewan yang ramah dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan memiliki efek positif pada tingkat hormon pemodulasi stres, terutama kortisol dan dopamin.

Kortisol memainkan peran penting dalam mengendalikan gula darah dan metabolisme. Selain itu, ini juga mampu mengurangi peradangan. Sementara, dopamin adalah kimia yang memicu perasaan senang dan motivasi, penambah suasana hati.

Hewan peliharaan menawarkan cinta tanpa syarat. Mungkin, itulah sebabnya interaksi manusia dan hewan juga nampaknya merangsang produksi oksitosin yang kadang disebut dengan “hormon cinta.”

Oxytocin ini meningkatkan ikatan sosial dan keintiman seksual manusia, sambil membantu menghilangkan kecemasan dan stres. Sistem oksitosin juga dikaitkan dengan perasaan empati seseorang.

© Disediakan oleh Medcom.id image medcom

(Para peneliti telah membuktikan bahwa berinteraksi dengan hewan yang ramah dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan memiliki efek positif pada tingkat hormon pemodulasi stres, terutama kortisol dan dopamin. Foto: Pexels.com)

2. Manfaat sosial dan emosional sesuai tahapan kehidupan

Penelitian telah membuktikan bahwa kurangnya hubungan, isolasi sosial, dan kesepian berkontribusi pada depresi dan kecemasan. Memang hewan peliharaan mungkin tidak menggantikan manusia namun cinta tanpa syarat, kehangatan, dan kesetiaan mereka dapat memberikan persahabatan, koneksi, dan tujuan.

Perasaan-perasaan ini dapat menahan kecenderungan depresi, memadamkan perasaan cemas, dan mengurangi kesepian. Interaksi spontan hewan peliharaan dengan orang asing dapat memudahkan percakapan dan mempromosikan interaksi yang menyenangkan di antara pemilik.

Pemilik hewan peliharaan menuai manfaat selama tahap siklus hidup. Misalnya, hewan peliharaan dalam keluarga menawarkan kesempatan untuk cinta dan koneksi bersama.

Untuk anak-anak, memiliki hewan peliharaan memungkinkan mereka untuk mengambil tanggung jawab, perawatan, dan kenyamanan dan pada saat yang sama, menawarkan teman bermain dan teman.

Untuk orang dewasa yang lebih tua, hewan peliharaan dapat membantu mengurangi perasaan kesepian, memberikan kesempatan untuk bermain-main, dan memberi mereka alasan untuk keluar dari rumah.

Dan bahkan untuk remaja dan mahasiswa, hewan peliharaan ditemukan membantu mengurangi stres dan memberikan penerimaan tanpa syarat di masa mereka yang sedang merasa insecure dan ragu.

3. Peliharaan dapat menurunkan stres

Di antara jajak pendapat hewan peliharaan terbaru yang melibatkan lebih dari 2.000 peserta antara usia 50 dan 80 oleh Michigan Medicine dan AARP ditemukan bahwa 9 dari 10 responden mengatakan, hewan peliharaan memang membantu menurunkan stres mereka.

Hampir tiga perempat responden yang lebih tua yang, pada saat survei, hidup sendirian atau berjuang dengan masalah emosional atau fisik mengatakan hewan peliharaan memungkinkan mereka untuk mengatasinya.

Sebanyak 65 persen peserta jajak pendapat memuji hewan peliharaan karena meningkatkan kemampuan mereka untuk berinteraksi sosial dengan orang lain.

Sementara itu, dalam jajak pendapat Harris beberapa tahun yang lalu, 95 persen pemilik hewan peliharaan mengatakan mereka menganggap hewan peliharaan mereka sebagai anggota keluarga.

4. Peliharaan bisa membantu anak dengan gangguan autisme

Dalam sebuah laporan dalam jurnal Developmental Psychobiology, penulis menulis bahwa anak-anak yang memiliki gangguan spektrum autisme (ASD) menunjukkan peningkatan “fungsi sosial” setelah paparan terus-menerus terhadap babi Guinea. Beberapa program terapi yang dibantu oleh hewan telah terbukti meningkatkan kesehatan mental, terutama pada remaja dan dewasa muda yang bermasalah.

5. Hewan meningkatkan daya tahan tubuh

Menurut beberapa penelitian terbatas, hewan peliharaan bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia dan kemampuan kita untuk mengelola rasa sakit.

Pos Terkait

Back to top button