Nasional

Amanat Kabaharkam Polri: Tulang Punggung Polisi Adalah Sabhara

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, menyitir kembali apa yang pernah disampaikan Kapolri Jenderal Pol Prof H M Tito Karnavian PhD, tentang peran Samapta Bhayangkara (Sabhara) yang menjadi tulang punggung polisi di seluruh dunia.

“Tulang punggung polisi seluruh dunia adalah Sabhara. Tidak ada polisi yang tidak memiliki Sabhara. Polisi mungkin ada yang tidak memiliki reserse, ada yang tidak memiliki intelijen, ada yang tidak memiliki lalu-lintas, tapi polisi seluruh dunia pasti ada uniform police patrol, yaitu Sabhara,” kata Komjen Pol Condro Kirono.

Hal itu disampaikan saat Kabaharkam Polri Komjen Pol Condro Kirono memberikan amanat pada Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kakorsabhara Baharkam Polri dari pejabat lama Irjen Pol (Pur) Drs Sudjarno kepada pejabat baru Irjen Pol Drs Bambang Ghiri Arianto SE, yang bertempat di Lapangan Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin, 2 September 2019.

Berdasarkan hal itu, Komjen Pol Condro Kirono mengimbau kepada seluruh anggota jajaran Baharkam Polri, khususnya jajaran Korsabhara, untuk terus melakukan upaya-upaya yang lebih bermanfaat guna mencegah atau mengeliminir kejadian yang ada di masyarakat dengan penanganan yang tepat.

“Dengungkan dan terus gelorakan Sabhara sebagai pengemban polisi tugas umum, yang mengemban tugas preemtif, preventif, dan penegakan hukum terbatas untuk menciptakan Harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) dengan upaya pencegahan sebagai landasan utamanya. Pencegahan sebagai landasan utama dalam operasional Sabhara karena tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Sabhara tersebut membutuhkan pelibatan personel sedikit, biaya murah, bersifat rutinitas dan waktu penanganan cepat, serta sedikit resiko jatuh korban,” jelas Komjen Pol Condro Kirono.

Oleh karena itu, kepada pejabat baru Kakorsabhara Baharkam Polri, Komjen Pol Condro Kirono berpesan agar menindaklanjutinya dengan langkah-langkah berikut:

1. Segera menyesuaikan dengan dinamika perkembangan situasi Kamtibmas terkini khususnya menyikapi unjuk rasa yang terjadi di Polda Papua dan Papua Barat serta di beberapa Polda yang banyak terdapat komunitas masyarakat Papua.

2. Merumuskan langkah-langkah solutif untuk menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas terkini di beberapa Polda yang dianggap rawan unras anarkis.

3. Segera memperbaiki sistem secara terus-menerus guna mendapatkan output kinerja jajaran Korsabhara Baharkam Polri sampai tingkat kewilayahan dapat berjalan optimal, baik pada aspek pembinaan maupun operasional.

4. Menyempurnakan piranti lunak Sabhara dalam upaya untuk menyukseskan program prioritas Kapolri (Promoter).

5. Meningkatkan kualitas kebersamaan, sinergitas, harmonisasi, dan soliditas organisasi.

6. Meningkatkan penguatan pengawasan untuk meningkatkan efektivitas kinerja Korsabhara Baharkam Polri.
7. Meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan instansi terkait dan komponen masyarakat untuk kelancaran penyelenggaraan program pelayanan publik.

Selain itu, selesai Upacara Sertijab, Kabaharkam Polri menyempatkan diri melakukan pengecekan langsung Alut Dirpolsatwa, yang dibanggakan oleh Presiden RI Joko Widodo, karena setiap acara kenegaraan selalu dilibatkan.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button