Gaya Hidup

Anda Sudah Punya Rencana buat Tahun 2021? Inilah Tips Jitu Biar Tak Gagal

Penanusa.com – Tahun 2020 akan segera berakhir dan sebentar lagi bakal menatap tahun 2020. Banyak yang sudah dilakukan di tahun ini, tapi tahun depan harus lebih baik.

Biasanya seetiap diri kita menjadikan awal tahun sebagai titik balik untuk menuju hal lebih baik lagi selanjutnya.

Artinya jika ada sesuatu yang belum terlaksana atau gagal pada tahun sebelumnya, maka di tahun berikutnya hal itu harus berubah menjadi sukses.

Apakah kita sudah punya rencana untuk menyusun keberhasilan diri kita pada tahun yang akan datang?

Baca juga: Karni Ilyas Meminta Maaf, ILC Tak Akan Tayang Pada Tahun 2021

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan.

1. Detil
Pastikan resolusi yang akan dibuat itu disusun dalam rincian yang jelas. Jangan mengawang-awang apalagi yang cuma mengandalkan lamunan atau khayalan. Meskipun yang diharapkan tampak sederhana, kalau disusun secara detil niscaya akan lebih mudah mewujudkannya.

2. Masuk Akal
Buatlah resolusi yang masuk akal alias realistis. Misalnya, tahun depan punya rencana menikah tapi sekarang masih jomblo atau tidak punya gambaran siapa yang mau dijadikan pasangan hidup, tentunya harus dicari dulu dong siapa calonnya. Contoh lagi, yang realistis saja kalau mau cari pasangan hidup dan selalu ingat untuk bercermin.

3. Punya Patokan atau Terukur
Resolusi tahun baru akan lebih mudah dijalani jika sudah menyiapkan patokan atau ukuran tertentu. Misalnya resolusi ingin menurunkan berat badan. Yang harus direncanakan tentu saja bukan sekadar ingin lebih kurus, tapi punya patokan berapa bobot badan yang ingin dipangkas.

4. Relevan
Resolusi yang baik tentunya yang punya manfaat bagi diri sendiri. Jangan sampai menyusun resolusi yang malah merugikan diri sendiri di kemudian hari.

5. Jangka Waktu
Cara terbaik menyusun dan melaksanakan resolusi adalah membatasinya dalam kurun waktu tertentu. Bagilah dalam beberapa target kecil yang harus dipenuhi dalam periode tertentu. Selain itu, biasakan menyusun rencana dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Baca juga: Kabareskrim Polri: Kami Akan Terus Menjaga Transparansi

6. Ceritakan pada Keluarga atau Teman Dekat
Nah, zaman sekarang lebih memudahkan untuk membagikan apa saja harapanmu melalui media sosial. Tujuan utamanya bukanlah pamer, tetapi memotivasi diri dan syukur-syukur orang lain yang membacanya.

7. Mencatat Perkembangan
Biasakan mencatat perkembangan resolusi dalam kurun waktu tertentu, misalnya setiap bulan. Catatan tersebut akan menjadi alat pengukur yang tepat untuk memantau sudah seperti apa pencapaian resolusi tersebut.

Semua harapan dan tindakan selalu tergantung pada niat dan perencanaan. Oleh karena itu, selalu disiplin dan komitmen mewujudkan resolusi adalah kunci suksesnya. Selamat mencoba! (*)

Pos Terkait

Back to top button