Nasional

Anggota Polairud Polda Maluku Utara Ajak Nelayan Lepas Hiu Pari Tangkapannya

Baharkam Hebat! – Seorang nelayan warga Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, bernama Anto, menangkap seekor hiu pari saat sedang memancing di sekitar Pelabuhan Perikanan Halmahera Tengah, Kamis (13-09-2018) sekitar pukul 09.00 WIT.

Mendapat informasi itu, anggota Markas Unit (Marnit) Patroli Direktorat Polairud Polda Maluku Utara, Brigpol M Ridfan Sangaji dan Bharada M Julfan Usman, langsung menuju lokasi dan menjumpai Anto.

Kedua anggota Polairud itu kemudian berkoordinasi dengan Anto agar mau melepas hasil tangkapannya ke habitat aslinya. Hal itu dilakukan karena ikan tersebut merupakan salah satu jenis ikan yang dilindungi.

Tak lupa, kedua petugas tersebut juga melaksanakan fungsi pemolisian masyarakat (Polmas) dengan mengimbau masyarakat agar bersama- sama menjaga dan melestarikan biota laut yang hampir punah.

Apa yang dilakukan kedua petugas tersebut sejalan dengan upaya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama menjaga keharmonian dan kelestarian laut Nusantara.

“Salah satu penyebab laut Indonesia bisa kembali berdaulat dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat, tentu dengan cara menjaga dan menjadikan sumber daya kelautan terus berkelanjutan,” kata Menteri Susi beberapa waktu lalu.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button