Nasional

Anggota Satgas Aman Nusa II Berhasil Evakuasi 506 Korban Banjir Jakarta

Baharkam Promoter! – Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, selaku
Kaopspus Aman Nusa II, memerintahkan jajaran Satgas Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri melakukan evakuasi warga yang terkena dampak banjir Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020.

Dalam kegiatan tersebut, petugas berhasil mengevakuasi 506 korban banjir, dengan rincian orang dewasa dan orang tua 361 orang; bayi 4 orang; lansia 30 orang; anak-anak 110 orang; dan orang sakit 1 orang.

Kabaharkam Polri menjelaskan, dalam melaksanakan tugas evakuasi, anggotanya dibagi menjadi tiga tim siaga untuk tiga wilayah berbeda.

Tim Siaga 1, dipimpin oleh Kompol Nur Sapto P, melakukan evakuasi di sekitar jalur Cempaka Putih, ITC Cempaka Mas, dan Rumah Sakit Islam Cempak Putih, Jakarta Pusat.

Tim Siaga 2, dipimpin oleh Kompol Carito, melakukan evakuasi di Rumah Sakit Gading Pluit dan Kampung Rawa Indah RT 3 RR 3 Kelurahan Pegangsaan 2, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Tim Siaga 3, dipimpin oleh Kompol Helmi Ari W, melakukan evakuasi Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Selain evakuasi, anggota juga melaksanakan kegiatan pengaturan arus lalu lintas di jalur yang terkena imbas banjir,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Saat melakukan evakuasi, petugas dibantu peralatan pendukung seperti 3 unit truk, 3 set fortable boat, 3 buah tali lempar, dan 60 unit life jacket. Seluruh korban dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Satgas Aman Nusa II Tahun 2020 adalah satuan tugas operasi terpusat yang dibentuk oleh Kapolri untuk menangani bencana alam, yang dipimpin oleh Kabaharkam Polri. Di bawahnya ada 5 Satgas pendukung, masing-masing adalah Satgas SAR, Satgas Perlindungan dan Pengungsian, Satgas Dokkes, Satgas Lidik Sidik, dan Satgas Banops.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button