Nasional

Antisipasi Sebaran Covid-19 Saat Libur Nataru, Rest Area Tol Japek Jadi Tempat Random Swab Antigen bagi Pengendara

Penanusa.com – Kepala Korps lalu-lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono memastikan pihaknya akan terus mengawal penerapan protokol kesehatan saat libur Natal dan Tahun Baru, salah satunya adalah randon swab antigen bagi pengendara di rest area Tol Jakarta-Cikampek KM 19.

“Langkah ini sangat efektif sebagai antisipasi penyebaran Covid 19,” kata Istiono saat mengecek kesiapan pengamanan libur Nataru di lokasi, Rabu, 23 Desember 2020.

Baca juga: Kabaharkam Polri Pantau Langsung Kesiapan Operasi Lilin 2019

Dalam operasi Lilin 2020 kali ini, pihaknya menyediakan sedikitnya 500 alat tes cepat antigen setiap harinya. Apabila ditemukan pengendara atau penumpang yang reaktif, pihaknya akan merekomendasikan untuk pemeriksaan lanjutan di rumah sakit rujukan.

Lebih lanjut Istiono menambahakan, operasi tahunan yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021 ini akan mengedepankan langkah simpatik dan teguran lisan untuk pelanggar.

“Operasi Lilin 2020 untuk Natal dan Tahun Baru ini tidak ada checkpoint di tol ataupun di jalan mana pun,” terangnya dilansir situs resmi Humas Polri.

Petugas juga akan membatasi jumlah mobil yang beristirahat di rest area. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

“Tidak boleh lebih dari 50 kendaraan,” jelas jenderal bintang dua ini.(*)

Pos Terkait

Back to top button