Internasional

Arab Saudi Bantah Informasi Buka Haji 2020 dengan Kuota 20%

JAKARTA – Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menyangkal berita yang menyebutkan bahwa Arab Saudi akan menggelar haji 2020 dengan pembatasan kuota hanya 20 persen.

Endang mengatakan bahwa pihaknya telah mengkonfirmasi berita tersebut kapada Dirjen Haji Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Husein Syarif.

Menurutnya, kabar pembatasan kuota hanya 20 persen tidak benar dan Saudi belum mengumumkan informasi resmi apapun.

“Informasi tentang 20 persen itu tidak benar. Belum ada keputusan apapun sampai saat ini,” kata Endang menerjemahkan komunikasi berbahasa Arab antara dirinya dengan Husien Syarif seperti dikutip dari keterangan resmi di laman Kemenag RI, Sabtu (13/6/2020).

Baca juga: Menlu RI Ajak Negara OKI Bersatu Tolak Aneksasi Palestina oleh Israel

Endang menambahkan, kasus positif Covid-19 di Arab Saudi masih tinggi. Angkanya tembus 3000 kasus perhari sejak tiga hari terakhir.

Pada 2 Juni 2020, Kementerian Agama telah memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah Indonesia pada penyelenggaraan haji 1441 Hijriah. Keputusan itu diumumkan Menag Fachrul Razi dan tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No 494 Tahun 2020.

Selain Indonesia, ada sejumlah negara lain yang juga sudah memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah. Negara tersebut antara lain Mesir, Singapura, India, Brunei Darussalam, Uzbekistan, Malaysia, dan Afrika Selatan.

Pos Terkait

Back to top button