Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap dengan Artinya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap dengan Artinya
Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap dengan Artinya

Penausa.com – Sebagai umat islam kita dianjurkan untuk berdoa ketika hendak melakukan sesuatu perbuatan, begitu juga pada saat masuk ke dalam masjid dan keluar masjid.

Karena masjid adalah tempat beribadah umat islam atau muslim terutama untuk melaksanakan sholat, masjid juga merupakan rumah Allah SWT. Masjid juga tidak dipakai untuk sholat saja bisa juga dipakai untuk kegiatan keagamaan lainnya.

Maka dari itu ketika kita hendak masuk kedalam masjid dan keluar dari masjid, dianjurkan untuk berdoa.

Tidak hanya masjid kita juga bisa membaca doa ini pada saat masuk ke mushola, langgar atau surau karena merupakan tempat ibadah juga, tapi tidak bisa untuk melaksanakan sholat Jum’at.

Berikut ini lafadz atau bacaan doa pada saat masuk masjid dan keluar masjid lengkap beserta latin dan terjemahannya yang bisa Anda hafalkan.

Bacaan Doa Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allohummaf tahlii abwaaba rohmatik

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”

Doa di atas dibaca pada saat masuk ke masjid dengan mendahulukan kaki kanan, kemudian ketika hendak keluar dari masjid dengan membaca doa di bawah ini.

Bacaan Doa Keluar Masjid

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allohumma innii asaluka min fadlik

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

Seperti halnya dengan Doa masuk masjid doa keluar masjid pun dengan mendahulukan kaki kiri.

Melansir dari doaharianislami.com, berikut ini hadist tentang anjuran membaca doa pada saat masuk dan keluar masjid sebagaimana terdapat dalam hadits Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya: “Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)”
(HR. Muslim 713)

Itulah bacaan doa masuk masjid dan keluar dari masjid beserta latin dan terjemahnya, alangkah baiknya jika doa tersebut dihafalkan dan membacanya pada saat masuk masjid dan keluar dari masjid, semoga doa tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. (*)

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120

Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami