Bacaan Sayyidul Istighfar, Lengkap dengan Arti dan Fadilahnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Bacaan Sayyidul Istighfar, Lengkap dengan Arti dan Fadilahnya
Bacaan Sayyidul Istighfar, Lengkap dengan Arti dan Fadilahnya

Penanusa.com – Setiap ummat Islam dianjurkan membaca atau melafalkan bacaan sayyidul istighfar setiap hari. Sejak pagi hari, bacaan ini sudah menyertai di dalam doa pagi hari yang dapat diamalkan setiap pagi.

Apa itu doa sayyidul istighfar? Yaitu bacaan istighfar paling utama atau paling baik.

Doa ini menjadi raja dari semua doa yang dipanjatkan untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Memohon ampunan atas segala berbuatan dosa baik yang dilakukan dalam keadaan sengaja atau tidak disengaja.

Rasulullah Saw menganjurkan kepada kita selaku umat Islam untuk berdoa dengan sayyidul istighfar setiap selesai melaksanakan shalat. Karena doa sayyidul istighfar ini memiliki kedudukan yang tinggi dan mempunyai banyak keutamaan.

Begitu juga ketika sore hari menjelang maghrib, bacaan istighfar ini juga akan menyertai doa sore hari. Doa ini sebagai ungkapan permohonan maaf kepada Allah atas segala perbuatan yang telah perbuat pada waktu pagi dan siang hari.

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut merupakan bacaan doa sayyidul istighfar lengkap beserta artinya sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam hadist Bukhari:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtnii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika. mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji-Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.” (HR. Bukhari).

Bacaan Istighfar
Selain bacaan sayyidul istigfar diatas ada beberapa macam bacaan istighfar lainnya yang baik untuk diamalkan atau dibaca. Terdapat bacaan istighfar singkat yang biasa kita lafalkan saat berdzikir dan ada juga bacaan doa istighfar yang panjang. Berikut ini adalah bacaan istighfar singkat dan panjang.

Bacaan Istighfar Singkat

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Astaghfirullah Al Adzim

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung.

Bacaan Istighfar Panjang

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.”

Amalan yang dilakukan yaitu membaca atau melafalkan istighfar secara berulang-ulang yang intinya memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa-dosa yang kita perbuat.
Keutamaan Bacaan Sayyidul Istighfar

Melansir dari doaharianislami.com, setiap muslim yang membaca doa sayyidul istighfar maka akan mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Berikut hadist mengenai keutamaan doa Sayyidul Istighfar yang artinya:

“Barangsiapa mengucapkannya di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk surga.” (HR. Al-Bukhari).

Istighfar maknanya tidak terletak pada pelafalannya, akan tetapi seberapa khusuknya seorang muslim beristghfar. Seberapa dalam ia memaknai dan menghayati apa yang di ucapkan.

Siapa saja yang melafalkan doa sayyidul istighfar dan selalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, maka akan memperoleh janji Allah. Yaitu Allah akan memberikan pahala dan ganjaran yang besar, karena ia mengawali harinya dan mengakhiri dengan Tauhidullah baik Rububiyyah-Nya dan Ululhiyyah-Nya.

Manusia pasti pernah melakukan salah dan dosa, bagi yang masih mengerjakan perbuatan dosa agar tetap selalu mengingat dan memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan mengamalkan doa sayyidul istighfar lah, sebagai wujud bahwa kita menyadari kesalahan dan senantiasa memohon ampunan kepada Allah SWT setiap waktu. (*)

Topik Lainya:

Kabar Terkait:

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120
Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami