Nasional

Baharkam Polri Kerahkan 4 Satwa K-9 Bantu Pencarian Korban Banjir Bandang Papua

Baharkam Promoter! – Direktorat Polisi Satwa Korsabhara Baharkam Polri mengirimkan empat ekor anjing pelacak K-9 untuk membantu pencarian korban banjir bandang di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Menurut Dirpolsatwa Brigjen Pol Drs Wahyudi Hidayat, anjing pelacak itu didampingi oleh 12 personel Detasemen K-9 (Anjing Pelacak) Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, dikirim pada Senin malam, 18 Maret 2019, dengan menggunakan pesawat komersial.

Sebelumnya, satwa-satwa K-9 Baharkam Polri sudah teruji dalam pencarian korban bencana di berbagai tempat. Sebagai contoh, pada Februari 2018, Satwa K-9 Polri berhasil menemukan jenazah satu keluarga korban tanah longsor di Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada Oktober 2018, Satwa K-9 Polri juga berhasil menemukan jenazah korban gempabumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, mengatakan pengiriman bantuan tersebut sesuai dengan arahan Kapolri yang disampaikan saat video conference Senin pagi.

Dalam vicon tersebut, Kapolri juga mengimbau kepada kepala satuan kewilayahan, yang daerahnya terdampak bencana alam, agar tak segan-segan meminta bantuan Mabes Polri untuk penanganan.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button