Nasional

Baharkam Polri Kerahkan KP Yudistira dan Helikopter Bantu Pengamanan Karantina WNI Asal Wuhan

Baharkam Promoter! – Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri menerjunkan Kapal Polisi (KP) Yudistira milik Ditpolair dan helikopter milik Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri guna membantu pengamanan proses karantina warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, Minggu, 2 Februari 2020.

Sekitar 238 WNI dievakuasi oleh pemerintah Republik Indonesia. Mereka diterbangkan langsung dari Wuhan menuju Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. Kemudian para WNI tersebut langsung diterbangkan ke Kabupaten Natuna untuk dilakukan observasi dan karantina sebelum diperbolehkan kembali ke keluarga masing-masing.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, menyatakan, pada Minggu pagi sempat terjadi unjuk rasa penolakan dari masyarakat setempat wilayahnya dijadikan tempat observasi dan karantina. Mereka khawatir virus corona sampai ke sana. Namun unras yang berlangsung di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad dan Kantor DPRD setempat itu berlangsung aman dan kondusif.

“Informasi terakhir yang kami dapat dari dalam hanggar bahwa WNI yang dari Wuhan sedang melaksanakan makan siang bersama para petugas medis dari TNI dan crew pesawat,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Menurutnya, semua WNI, petugas medis, dan crew pesawat tampak dalam keadaan sehat.

Selain itu, Kabaharkam Polri mengungkapkan, pengerahan personel dan alat utama jajaran Baharkam Polri merupakan bentuk dukungan Polri bahu-membahu bersama TNI dan instansi terkait lain dalam misi kemanusian tersebut.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button