Nasional

Bak Film Koboi, Polisi Bagikan Sembako Sambil Menunggang Kuda

Baharkam Promoter! – Ada empat orang menunggang kuda di dataran tinggi di daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 5 Mei 2020. Mereka bukan para Koboi seperti di film-film Amerika itu. Mereka adalah polisi berseragam yang sedang menjalankan tugas membagi Sembako kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Cara mendistribusikan bantuan Sembako menggunakan satwa turangga (kuda) ini merupakan terobosan Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri. Selain kuda, Ditpolsatwa juga menerjunkan Polisi Wanita (Polwan) agar bisa lebih dekat dengan masyarakat.

“Kami sengaja menerjunkan satwa turangga dan Polwan agar lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan hiburan kepada mereka,” kata Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, Brigjen Pol Drs Hariyanto SH, M.Hum.

Hiburan yang dimaksud agar masyarakat tidak bosan dan jenuh karena tidak bisa melaksanakan aktivitas dengan adanya COVID-19 dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Brigjen Pol Hariyanto, petugas berkuda tersebut membagikan Sembako di dua desa, yakni Desa Cipeusang, Kecamatan Cileungsi, untuk 93 kepala keluarga (KK); dan Desa Singajaya Cagak, Kecamatan Jonggol, untuk 102 KK.

“Tak hanya membagikan Sembako dengan turun langsung ke masyarakat, petugas juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Tupoksi Polri, khususnya Ditpolsatwa,” ungkapnya.

Brigjen Pol Hariyanto berharap, aksi nyata membagikan bingkisan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi itu dapat menjadi bukti wujud bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat.

Untuk menguatkan hal itu, terangnya, petugas membagikan Sembako menyasar masyarakat yang belum tersentuh bantuan pemerintah pusat maupun daerah. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang disampaikan melalui Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi.

[AKP Bambang AS]

 

Pos Terkait

Back to top button