Nasional

Banjir Jabodetabek, Baharkam Polri Siaga

Baharkam Promoter! – Sejak malam pergantian tahun, hujan seakan tak henti mengguyur Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan beberapa daerah lainnya, mulai dini hari hingga siang hari.

Akibatnya air menggenang di mana-mana, banjir. Bendungan Katulampa naik permukaan airnya hingga mencapai level Siaga 2. Beberapa daerah di Bekasi dan Jakarta, yang menurut keterangan warga sudah 13 tahun tak pernah merasakan banjir, kini ikut terendam. Ribuan warga pun mengungsi.

Hingga hari kedua di tahun 2020, air masih menggenangi sejumlah daerah. Titik terbanyak ada di wilayah Jakarta Timur, yang dilintasi Kali Ciliwung.

Menghadapi hal itu, jajaran Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri siaga penuh. Ratusan personil dikerahkan untuk evakuasi dan penanganan bencana, langsung di bawah komando Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH.

Kamis pagi, 2 Januari 2020, Kabaharkam Polri melakukan pemetaan wilayah yang terdampak banjir dari pantauan udara. Pada kesempatan ini Kabaharkam Polri didampingi olah Kakorlantas Polri, Kakorpolairud Baharkam Polri, dan Kakorsabhara Baharkam Polri.

Hasil pemetaan tersebut kemudian dijadikan landasan untuk penempatan personil. Terutama jajaran Korpolairud Baharkam Polri yang turun langsung ke masyarakat membantu korban terdampak banjir di wilayah Jabodetabek sejak sehari sebelumnya.

Menurut Kabaharkam Polri, apa yang dilakukannya tersebut sejalan dengan amanat yang tersirat pada Pataka Baharkam Polri, Vicvapa Brahmagola, yang berarti bahwa Baharkam Polri diharapkan dapat memberikan perlindungan menyeluruh kepada masyarakat terhadap segala aspek yang ada di alam semesta.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button