Olahraga

Barcelona Keok di Kandang, Juventus Juara Grup G Liga Champions

Penanusa.com – Juventus berheasil menekuk Barcelona 3-0 di matchday terakhir Grup G Liga Champions, di Camp Nou, Rabu 9 Desember 2020 dini hari WIB.

Hasil ini membuat Juventus berhak ke babak 16 besar dengan status juara grup G, meski memiliki 15 poin sama seperti Barcelona. Juventus unggul head to head dari Barca.

Si Nyonya Tua berhasil unggul 2-0 di babak pertama lewat eksekusi penalti Cristiano Ronaldo dan tembakan Weston McKennie.

Blaugrana menekan Juventus sepanjang babak kedua. Meski dominan, Barcelona malah kebobolan lagi lewat eksekusi penalti Ronaldo dan gagal memperkecil skor hingga laga tuntas.

Jalannya pertandingan

Ronaldo membuka keunggulan Juventus pada menit ke-13 melalui titik penalti.

Petaka bagi Barcelona hadir pada menit 12 setelah Ronald Araujo melanggar Ronaldo di kotak terlarang.

Pemain bernomor punggung 7 milik Juventus tersebut tidak menyia-nyiakan kesemaptan emas tersebut. Tendangan keras Ronaldo mengecoh penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Juventus unggul sementara atas Barcelona.

Hanya 7 menit berselang, Juventus menambah keunggulan mereka. Weston McKennie mencetak gol indah dengan melakukan tendangan voli sambil menjatuhkan badan tepat di hadapan Marc-Andre ter Stegen.

Juventus memperlebar keunggulan atas Barceona, 0-2.

Barcelona mendapat peluang emas melalui Lionel Messi pada menit 23. Namun upaya Messi yang melakukan tedangan ke arah sudut kanan gawang masih bisa digagalkan Gianluigi Buffon.

Skor 0-2 menutup babak pertama Barcelona vs Juventus.

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman memainkan nafas baru dengan memasukan Martin Braithwaite untuk menggantikan Trincao pda menit 46.

Pada menit 49, pemain Barcelona Clement Lenglet dianggap melakukan hands ball di kotak terlarang. Namun wasit tidak menunjuk titik putih untuk Juventus.

Keputusan berubah pad amenit 50 dan wasit memberikan hadiah penalti bagi Juventus setelah mengulas kejadian melalui VAR.

Ronaldo kembali menjalankan tugasnya dengan baik setelah ditunjuk sebagai algojo 12 pas.

Juventus unggul 0-3 atas tuan rumah.

Koeman merespon keunggulan tamunya dengan melakukan pergantian pemain. Barcelona memasukan Junior Firpo menggantikan Jordi Alba dan Samuel Umtiti masuk menggantikan Clement Lenglet.

Pergantian pemain tersebut belum memberikan dampak yang signifikan bagi Barcelona.

Sebaliknya, malah Juventus yang mencetak gol pada menit 75 meski akhirnya gol tersebut dianulir oleh wasit setelah melihat VAR.

Hingga wasit meniup peluit tanda babak kedua selesai, tidak ada lagi gol yang tercipta. Juventus memastikan diri sebagai juara grup G. (*)

Pos Terkait

Back to top button