Nasional

Bhabinkamtibmas Pendiri SD Anak Soleh Raih FSA 2018

Baharkam Hebat! – Brigadir Polisi Muhammad Saleh berhasil meraih Frans Seda Award (FSA) 2018 Kategori Bidang Pendidikan. Penghargaan diberikan di Unika Atmajaya Jakarta, Jumat, 26 Oktober 2018.

Brigadir Saleh diganjar penghargaan atas keberhasilannya membangun Sekolah Dasar Swasta Anak Soleh di Desa Tunas Baru, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Awalnya, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Tunas Baru Polsek Lantari Jaya Polres Bombana Polda Sultra dengan NRP 85021103 itu merasa prihatin melihat anak-anak kecil di desa binaannya setiap hari harus berjalan kaki sejauh 5-8 kilometer untuk menuju sekolah.

Brigadir Saleh kemudian berinisiatif mendirikan sekolah untuk anak-anak itu dengan memanfaatkan rumah warga. Ia sendiri, dibantu istri, yang menjadi pengajarnya. Sekolah itu diberi nama “Anak Soleh”.

Seiring waktu berjalan, terkumpullah dana bantuan sumbangan dari warga. Dana ini dimanfaatkan untuk membangun sekolah dengan tiga kelas, yaitu kelas 1, 2, dan 3.

Selain itu, Brigadir Saleh kemudian mendapat bantuan tenaga tiga orang guru yang mengajar di masing-masing kelas. Guru-guru ini digaji menggunakan uang pribadinya.

Atas upayanya tersebut, Brigadir Saleh berhasil meraih penghargaan nasional karena dinilai berprestasi sebagai putra bangsa yang peduli pendidikan, peduli pada generasi muda.

FSA adalah ajang penghargaan sebagai upaya melestarikan nilai-nilai hidup Frans Seda sebagai negarawan Republik Indonesia sekaligus pendiri Unika Atma Jaya.

FSA diberikan kepada pemuda Indonesia yang berdedikasi pada aktivitas pendidikan dan kemanusiaan.

FSA diselenggarakan setiap dua tahun sekali. FSA pertama kali diadakan pada tahun 2012. FSA 2018 adalah kegiatan yang keempat kalinya.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button