Nasional

BNPB dan Polri Segera Miliki Kerja Sama Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, mewakili Kapolri hadir pada acara puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tingkat Nasional Tahun 2019, bertempat di Ballroom Novotel Bangka Hotel and Convention Center, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu, 13 Oktober 2019.

Peringatan Bulan PRB itu merupakan hasil kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka mempromosikan budaya PRB di Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BNPB, Kakorsabhara Baharkam Polri, Gubernur Kep Babel, Kapolda Kep Babel, Karobinopsnal Baharkam Polri, Danrem 05 Garuda Jaya, Danlanal Babel, Ka Basarnas Babel, dan Forkompinda Kep Babel.

Mengangkat tema “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Ekosistem dan Investasi”, Peringatan Bulan PRB kali ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling berbagi pengetahuan, informasi, dan pengalaman penyelenggaraan penanggulangan bencana oleh multistakeholder di Indonesia.

Salah satu sesi acara pada puncak Peringatan Bulan PRB adalah penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNPB dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Dalam kesempatan ini, Kabaharkam Polri berkesempatan membubuhkan paraf pada Nota Kesepahaman tersebut, dan selanjutnya penandatanganan akan dilaksanakan di Ruang Kerja Kapolri di Mabes Polri Jakarta.

Tujuan Nota Kesepahaman tersebut adalah untuk meningkatkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergi dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana secara terencana, terkoordinasi, dan terpadu.

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman meliputi: a.) pertukaran data dan/atau informasi; b.) peningkatan dan pemanfaatan sumber daya manusia; c.) pemanfaatan logistik dan peralatan; d.) bantuan pengamanan; e.) penanganan korban bencana; dan f.) penegakan hukum.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button