Berita

BNPB Mengimbau Masyarakat Indonesia Waspada La Nina

Penanusa.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap fenomena alam La Nina. Beberapa wilayah yang perlu memperhatikan ancaman ini, yaitu Pulau Jawa dan sebagian besar wilayah di Indonesia bagian timur.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo mengatakan fenomena La Nina di Pulau Jawa bisa menyebabkan tanah longsor dan memakan banyak korban. Tidak hanya Pulau Jawa, Sulawesi dalam beberapa periode terakhir ini juga mengalami banjir dan longsor. Ia mengatakan, di Gowa, Sulawesi Selatan, pada 2019 lalu terjadi bencana yang sama dengan lebih dari 80 orang tertimbun tanah longsor dan terbawa banjir bandang.

Letjen Doni mengatakan wilayah Gorontalo dan Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara. Sulawesi punya potensi besar untuk terjadi dua bencana itu. Kalimantan juga mengalami berpotenai mengalami musibah yang sama. Ini terbukti 1,5 bulan yang lalu sempat terjadi banjir bandang dan tanah longsor di Tarakan, Kalimantan Utara, yang menimbulkan korban jiwa.

Jadi hampir semua wilayah nasional rawan ancaman La Nina ini. Maka dari itu masyarakat dihimbau untuk waspada.

Baca juga : Vaksin Corona Akan Masuk ke Indonesia, Jokowi Harapkan Masyarakat Tidak Salah Persepsi

 

Pos Terkait

Back to top button