Gaya Hidup

Cara Menjaga Postur Tubuh Tetap Baik Saat Belajar Daring di Rumah

Penanusa.com – Pandemi covid-19 ini mengharuskan semua orang beraktivitas di rumah. Termasuk para pelajar pun melakukan kegiatan belajar mengajarnya melalui daring.

Tidak bisa dipungkiri kegiatan belajar di rumah tidak semudah yang dibayangkan. Pasti akan timbul rasa jenuh, bosan, malas dan juga lupa menjaga postur tubuh saat belajar. Hal tersebut di karenakan posisi tempat kamu belajar, misal di sofa, di kasur atau dimanapun dengan posisis yang sangat santai.

Meskipun terasa nyaman namun posisi yang salah dapat mempengaruhi postur tubuh. Akibatnya badan pegal-pegal atau yang lebih buruknya bisa menyebabkan kelainan pada tulang. Oleh karena itu ada beberapa cara agar postur tubuh kamu tetap terjaga.

  • Pilih kursi dan meja yang sesuai

Percaya atau tidak, meja yang tingginya lebih rendah daripada kursi dapat membuat punggung jadi membungkuk. Selain itu akan merasa tidak nyaman. Sebaiknya, meja harus sedikit lebih tinggi daripada kursi sehingga kegiatan belajar bisa lebih optimal. Apabila tidak ada meja yang lebih tinggi dari kursi, kamu dapat menggunakan tumpukan buku untuk dijadikan meja.

  • Lakukan peregangan

Hindari duduk seharian, berdirilah selama beberapa menit jika dirasa tubuh sudah terlalu lelah atau pikiran sudah mulai jenuh. Jika kamu tipe orang yang pelupa, kamu bisa memasang alarm di handphone sebagai pengingat untuk menggerakkan tubuhmu beberapa saat.

  • Melakukan olahraga kecil

Kamu bisa melakukan olahraga kecil untuk membuat otot-otot menjadi rileks. Tidak perlu menyisihkan waktu lama, cukup 5-10 menit saja sudah menjaga postur tubuh kamu.

Baca juga : Inilah Panduan Melakukan Meditasi bagi Pemula

Pos Terkait

Back to top button