Nasional

Dari Lombok Korpolairud Baharkam Polri Kirim Kapal Polisi ke Palu-Donggala

Baharkam Hebat! – Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri mengerahkan kapal-kapal milik Ditpolair untuk membantu penanganan dampak gempabumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Sabtu (29-09-2018), Korpolairud Baharkam Polri mengirimkan Kapal Polisi (KP) Abimanyu-7010 dan KP Bisma-8001 dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menuju Kota Palu.

KP Abimanyu dikomandoi oleh Kompol Agus Susanto SST, MM, dengan jumlah ABK sebanyak 28 personel.

Sementara KP Bisma dikomandoi oleh Kompol Capt Nur Sapto Pamungkas SST, MM, M.Mar, dengan ABK sebanyak 32 personel.

Selain itu, dikerahkan juga perkuatan personel sehingga total kekuatan yang dikerahkan kurang lebih 100 personel.

Menurut Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, kapal-kapal tersebut saat ini sedang persiapan bekal ulang logistik dan akan membawa bantuan sementara berupa makanan dan pakaian bagi masyarakat terdampak gempa dan tsunami.

“Kapal tersebut juga dapat membantu pengadaan air tawar karena dapat mengubah air laut menjadi air tawar sebanyak 10 ton dalam sehari,” imbuh Komjen Pol Moechgiyarto, dalam keterangannya pada Sabtu siang.

Apa yang dilakukan jajarannya tersebut, jelas Komjen Pol Moechgiyarto, merupakan implementasi tugas sesuai intruksi Presiden RI agar semua pihak membantu korban bencana Palu-Donggala.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) talah memerintahkan aparat terkait melakukan penanganan darurat berupa pencarian dan evakuasi korban, serta menyiapkan kebutuhan dasar yang diperlukan.

Atas perintah itu, TNI-Polri, Basarnas, BNPB, PLN, Kemenkes, serta Kemensos, masing-masing telah mengirimkan bantuan yang diperlukan untuk penanganan dampak bencana.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button