Nasional

Di Pelabuhan Ketapang, Kabaharkam Polri Cek Kelaikan Transportasi Laut dan Gelar Baksos

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, lakukan pengecekan kesiapan dan kelaikan transportasi laut di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu, 2 Juni 2019.

Kegiatan ini dilakukan sebagai lanjutan pengecekan kesiapan personel pengamanan dan peralatan pendukung dalam rangka Operasi Ketupat 2019 di wilayah hukum Polda Jawa Timur.

Didampingi oleh otoritas pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Kabaharkam Polri cek kesiapan dan kelaikan kapal yang digunakan para pemudik dari dan menuju ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Dalam peninjauan langsung itu, sesuai data dari Pos Pam Terpadu Pelabuhan Ketapang, secara umum terjadi peningkatan arus penumpang pengguna moda transportasi laut sebesar 15 % dari dan ke Ketapang, serta Gilimanuk lebih kurang mencapai 2.000 penumpang per hari.

“Hal tersebut dikarenakan armada laut sekarang lebih nyaman, murah, dan banyak pilihan, serta harga tiket moda transportasi udara yang mengalami kenaikan, sehingga masyarakat banyak memanfaatkan moda transportasi laut,” ungkap Komjen Pol Condro Kirono.

Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan bakti sosial, bakti kesehatan, serta santunan kepada anak yatim dan masyakarat sekitar pelabuhan serta karyawan pelabuhan.

Setelah itu, menggunakan fery bersama masyarakat pemudik, Kabaharkam Polri dan rombongan melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

[AKP Bambang AS]

 

Pos Terkait

Back to top button