Nasional

Di Rapat Pimpinan BNPB, Kabaharkam Polri Jelaskan Peran Polri dalam Penanggulangan Bencana

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, menghadiri Rapat Pimpinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bertempat di Graha BNPB Jakarta, Senin, 19 Agustus 2019.

Rapat yang diikuti seluruh unsur pengarah dan unsur pelaksana BNPB itu beragendakan evaluasi pelaksanaan kerja semester I tahun 2019 BNPB.

Dalam arahannya, Kabaharkam Polri menerangkan tiga peran Polri dalam penanggulangan bencana. Pertama, satuan kewilayahan (Satwil) melaksanakan operasi kepolisian dalam rangka penanganan bencana di wilayahnya disertai koordinasi dan kerja sama seluruh stakeholder penanganan bencana lainnya.

“Mabes Polri dan Satwil jajaran aktif mengirimkan perbantuan kekuatan personelnya kepada Satwil yang mengalami bencana,” kata Komjen Pol Condro Kirono mengurai peran kedua.

Dan ketiga, membantu mensosialisasikan mitigasi bencana yang dicanangkan oleh BNPB dalam rangka antisipasi jatuhnya korban jiwa dan materil lebih banyak akibat bencana.

Dalam upaya melaksanakan perannya, lanjut Kabaharkam Polri, Polri menerapkan sejumlah langkah, di antaranya penanganan kamtibmas saat bencana dan pencegahan tindak kriminal pascabencana.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button