Nasional

Di Sela Pantau Situasi Mudik, Kabaharkam Polri Sempatkan Cek Pembangunan RISA untuk Korban Gempa Lombok

Baharkam Promoter! – Hari terakhir pantauan langsung situasi mudik di daerah Jawa Timur, Bali, dan Pulau Lombok, Senin, 3 Juni 2019, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, sempatkan diri mengunjungi salah satu wilayah terdampak gempabumi 2018 terparah di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Didampingi pejabat utama jajaran Baharkam Polri dan Wakapolda NTB, Komjen Pol Condro Kirono menggelar Bakti Sosial “Penyerahan Sembako dari Polri kepada Masyarakat” di Desa Selebung Kecamatan Batukliang Kabupaten Loteng.

“Kunjungan kami ini dalam rangka meringankan beban masyarakat dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri, dengan pemberian bantuan seadanya dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan menjelang lebaran. Semoga kegiatan kita ini dicatat sebagai amal ibadah,” kata Komjen Pol Condro Kirono dalam sambutannya.

Tak hanya itu, di lokasi Baksos, Kabaharkam Polri juga menyempatkan diri melihat pembangunan Rumah Instan Sederhana (RISA) yang telah dibangunkan oleh pemerintah kepada masyarakat untuk korban gempa Lombok sebanyak 2.000 unit dengan bahan atap baja ringan dan dinding beton.

Kemudian, menggunakan helikopter, Kabaharkam Polri dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Lembar untuk cek kesiapan Operasi Ketupat 2019 nenghadapi mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H.

Di pelabuhan yang terletak di Kabupaten Lombok Barat itu, Komjen Pol Condro Kirono lakukan pengecekan kesiapan personel pengamanan petugas Pos Pelayanan Pelabuhan Lembar.

Kabaharkam Polri juga melakukan pengecekan langsung kelaikan kapal pengangkut pemudik pengguna moda transportasi laut, menanyakan kapasitas kapal, jumlah arus mudik, serta waktu tempuh ke tujuan.

Selain itu, tak lupa Komjen Pol Condro Kirono memberikan imbauan kepada para penumpang apabila lelah dalam perjalanan, bisa istirahat di pos-pos polisi yang telah didirikan. Kemudian Kabaharkam Polri lanjut meninjau kegiatan bakti kesehatan dan baksos berupa pengobatan gratis dan bantuan sembako untuk kaum dhuafa di tenda dekat ruang tunggu penumpang.

Kegiatan selesai, Kabaharkam Polri dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandara Internasional Lombok Praya untuk selanjutnya meneruskan penerbangan kembali ke ibu kota melalui Mako Poludara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, dengan pesawat Beechcraft 1900 D Airliner Nomor Registrasi P 4301.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button