Nasional

Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri Miliki Pesawat Baru Buatan Bangsa Sendiri

Baharkam Hebat! – Direktorat Kepolisian Udara (Ditpoludara) Korpolairud Baharkam Polri kini miliki satu unit pesawat baru jenis Cassa Nurtanio CN295.

Pesawat milik Ditpoludara yang ke-11 itu diserahkan langsung oleh Dirut PT Dirgantara Indonesia (Persero), Elfien Goentoro, kepada Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, di Landasan Udara Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (07-09-2018).

Menurut Elfien Goentoro, penyerahan pesawat CN295 tersebut dilakukan empat bulan lebih awal, dengan status ahead of time, dari target yang tertulis dalam kontrak antara Polri dan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Pesawat CN295 merupakan pengembangan dari pesawat CN235, di mana badan pesawatnya (fuselage) diperpanjang tiga meter yang mampu membawa 50 penumpang.

Pesawat yang menggunakan mesin terbaru Turboprop Pratt & Whitney PW127G yang dilengkapi dengan enam bilah baling-baling ini merupakan hasil kerja sama industri antara PT Dirgantara Indonesia (Persero) dan Airbus Defense & Space (ADS).

PT Dirgantara Indonesia (Persero) berharap, dengan diserahkannya pesawat CN295 tersebut, dapat meningkatkan kinerja Kepolisian Udara dalam setiap pelaksanaan operasi kepolisian.

“Kami merasa bangga dapat memberikan dukungan terhadap kebutuhan Pemerintah, khususnya Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ungkap Elfien Goentoro.

“Penggunaan hasil produksi bangsa sendiri, di samping merupakan kebanggaan nasional yang harus dipupuk dan ditingkatkan, adalah juga merupakan upaya jangka panjang bagi bangsa Indonesia untuk secara bertahap mengurangi ketergantungan dari pihak luar negeri, terutama dalam memenuhi kebutuhan alat-peralatan pertahanan dan alat-peralatan lainnya yang dibutuhkan oleh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, Komjen Pol Moechgiyarto berharap, dengan kemampuannya mengangkut personel dan logistik, pesawat CN295 ini mampu mendukung operasional Polri.

“Pesawat ini memiliki keistimewaan, yaitu dilengkapi dengan ramp door (pintu belakang yang dapat terbuka), sehingga diharapkan dapat mengangkut material dalam jumlah yang besar,” kata Komjen Pol Moechgiyarto.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button