Ekonomi

E-Koperasi Janusa Baharkam Polri: Koperasi Modern Berbasis Aplikasi

 

Baharkam Hebat! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, pimpin Rapat Paparan tentang E-Koperasi Janusa Baharkam Polri, yang bertempat di Ruang Rapat Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (17-09-2018).

Rapat ini diikuti oleh seluruh Kepala Korps, Kepala Biro, Direktur pada Korps, dan Kabagopsnalev pada Korps jajaran Baharkam Polri.

Turut hadir para pejabat Anabatic Technologies Tbk, yakni Agus Hendarto selaku Komisaris Utama E-Koperasi Janusa, Benydictus Darma selaku Direktur Keuangan E-Koperasi Janusa, Poerwanto selaku Direktur Simpan Pinjam E-Koperasi Janusa, dan Dody Mawardi selaku Presiden Direktur E-Koperasi Janusa.

E-Koperasi Janusa adalah koperasi elektronik yang berupaya meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya komunitas pengampu keamanan.

E-Koperasi Janusa merupakan koperasi modern yang berbasis IT/aplikasi, tanpa kertas (paperless), dan tanpa kantor cabang (branchless).

Anggota E-Koperasi Janusa berasal dari Polri (Bhabinkamtibmas, Brimob, dll), Satpam (ABUJAPI/BUJP, AVSEC, MARSEC, BUMN), Polsus (BUMN, Kementerian, Satpol PP, dll), TNI (Babinsa, Kostrad, Kopassus, dll), PNS, dan umum, dengan potensi lebih dari 5 juta orang. Sementara target yang ingin dicapai adalah meraih 1 juta anggota dalam 5 tahun pertama beroperasi.

Produk dan jasa yang akan dikembangkan oleh E-Koperasi Janusa meliputi kebutuhan pulsa dan data, pusat pembayaran tagihan, payment gateway, e-commerce, transaksi keuangan lainnya, lakupandai, simpan dan pinjam, market place, produksi dan distribusi, serta training dan consulting.

Dengan E-Koperasi Janusa, anggota dapat memperoleh keuntungan lebih mudah mendapatkan sumber modal investasi, berpotensi menjadi wirausahawan mandiri, dengan jutaan orang lain membangun jaringan usaha bersama, transaksi keuangan lebih mudah dan lebih murah, serta memenuhi sebagian besar kebutuhan sehari-hari.

Menurut Kabaharkam Polri, E-Koperasi Janusa terbentuk berkat kerja sama antara Baharkam Polri dan Anabatic Technologies Tbk.

Adapun dasar pembentukannya adalah instruksi Kapolri agar Baharkam Polri mencanangkan program pemuliaan profesi Satpam, dengan dua aspek utama, yaitu standardisasi kompetensi dan peningkatan kesejahteraan.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button