Nasional

Farewell and Welcome Parade Kabaharkam Polri Lama dan Baru

Baharkam Promoter! – Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri menggelar Farewell and Welcome Parade Kabaharkam Polri dari Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, kepada Irjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, bertempat di Lapangan Apel Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pejabat Utama, Analis Kebijakan Utama, para Kabag/Kasubdit, serta personel jajaran Baharkam Polri.

Sebagai pejabat lama, dalam arahannya Komjen Pol Moechgiyarto kembali mengingatkan bahwa Baharkam Polri adalah miniatur Polri yang memiliki kekhasan tugas yang lengkap dengan fungsi preemtif, preventif, dan represif.

“Dalam menjalankan tugasnya, Baharkam Polri lebih mengedepankan cegah tindak pidana dan gangguan Kamtibmas dalam rangka mewujudkan Harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat),” kata Komjen Pol Moechgiyarto.

Tetapi, lanjut Komjen Pol Mochgiyarto, dalam melaksanakan kegiatannya Baharkam Pol harus selalu mengedepankan prinsip-prinsip operasional Polri, sebagai berikut:

1. Mengutamakan Pencegahan
Suatu sikap/pandangan yang dilandasi pemikiran bahwa pencegahan lebih baik daripada pemberantasan/penindakan.

2. Keterpaduan
Penyelenggaraan tugas operasional Polri didasarkan pada pertimbangan bahwa masalah pembinaan Kamtibmas akan melibatkan pihak yang terkait dengan berbagai kepentingan dan kewenangannya.

3. Efektif & Efisien
Upaya pencapaian keberhasilan dalam pelaksanaan tugas operasional Polri harus mempertimbangkan adanya keseimbangan yang wajar antara hasil dengan upaya dan sarana yang digunakan.

4. Ofensif
Pelaksanaan tugas operasional Polri tidak menunggu munculnya sasaran yang akan dihadapi, akan tetapi secara aktif berusaha untuk menemukan permasalahan yang akan dijadikan sasaran.

Sementara Irjen Pol Condro Kirono, sebagai pejabat baru, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Komjen Pol Moechgiyarto atas pencapaiannya selama ini.

“Selama kepemimpinan beliau, banyak capaian yang signifikan untuk masyarakat lebih mengenal Baharkam Polri, sebagai back bone (tulang punggung) Polisi Tugas Umum, sebagai garda terdepan pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” ungkap Irjen Pol Condro Kirono.

Di antara prestasi itu adalah peningkatan sarana dan prasarana alat utama di jajaran Korpolairud Baharkam Polri dengan diresmikannya 23 unit kapal patroli dan 2 unit pesawat udara, dengan rincian sebagai berikut:

1 unit kapal patroli lepas pantai KP Yudistira 8003 melalui program pinjaman dalam negeri TA 2015.

5 unit kapal patroli cepat melalui program pinjaman luar negeri (softloan) negara Korea Selatan:
▪︎KP Laksamana 7012
▪︎KP Wibisana 7013
▪︎KP Bima 7014
▪︎KP Prahasta 7015
▪︎KP Anggada 7016

2 unit kapal patroli cepat melalui program kredit ekspor TA 2009:
▪︎KP Ibis 6001
▪︎KP Kasturi 6002

15 unit kapal pemburu cepat melalui program APBN TA 2018.

1 unit pesawat terbang jenis CN 295 dan 1 unit helikopter jenis Bell 412 EP melalui program KSA TA 2011.

Setelah Farewell and Welcome Parade kegiatan diikuti dengan penandatanganan Memori Serah Terima Jabatan dan dilanjutkan dengan Laporan Kesatuan, yang bertempat di Ruang Rapat Utama (Rupattama) Baharkam Polri.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button