Olahraga

Fatih Terim Dipecat, Lucescu Nahkodai Timnas Turki

Turki, Penanusa.com – Turki menunjuk Mircea Lucescu menjadi pelatih tim nasional. Pria asal Romania tersebut menggantikan Fatih Terim, yang pekan lalu dihentikan karena kasus di luar lapangan. Seperti dilaporkan Reuters pada Rabu (2/8/2017).

Lucescu menghabiskan 12 tahun melatih Shakhtar Donetsk sejak 2004, memenangi delapan gelar liga domestik dan enam piala nasional serta Piala UEFA pada 2009 untuk menjadi pelatih tersukses mereka.

Pada Mei 2016, Lucescu memutuskan untuk meninggalkan klub Ukraina tersebut dan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan Zenit St Petersburg. Tetapi kiprahnya hanya berlangsung setahun. Mei 2017 Zenit memutus kontrak pelatih 72 tahun ini karena mereka gagal lolos ke Liga Champions setelah finis di urutan ketiga.

Sebelumnya Lucescu pernah melatih timnas Rumania, Inter Milan, dan dua klub Turki Galatasaray serta Besiktas.

Turki harus kehilangan Fatih sebagai pelatih tim nasional Turki, gara-gara ribut dengan seorang pemilik restoran.

TFF tampaknya tak ingin isu di luar teknis sepak bola mengganggu timnas Turki. Keputusan itu muncul setelah beberapa pekan lalu Terim melakukan aksi tidak terpuji.

Saat itu, Terim bersama kedua anaknya terlibat perkelahian di sebuah restoran dan menjadi tontonan sejumlah orang. Dilansir dariĀ Daily Mail, sejumlah properti restoran tampak rusak akibat keributan tersebut.

Terim menjalani periode ketiganya bersama timnas Turki sejak 22 Agustus 2013. Pelatih berusia 63 tahun itu sebelumnya juga melatih timnas pada 1993-1996 dan 2005-2009.

Dia merupakan pelatih yang mengantarkan Turki untuk pertama kalinya lolos ke Piala Eropa pada 1996. Pada 2008, dia mengantarkan Turki lolos ke semifinal kompetisi antarnegara Eropa tersebut.

Pos Terkait

Back to top button