HukumNasional

Gibran Rakabuming Dikaitkan Dugaan Korupsi Bansos Kemensos, Ini Respon KPK

Penanusa.com – Komisi Pemberatnsaan Korupsi (KPK) mengaku akan menyaring segala informasi yang berkenaan dengan dugaan korupsi Bansos Covid-19 di Kementerian Sosial, dimana sang Menteri, Juliari Batubara sudah ditetapkan sebagai tersangka. Terbaru, kini muncul nama anak Presiden Joko Widodo, gibran Rakabuming Raka dikaitkan dengan kasus tersebut.

“Sekali lagi semua itu info dan KPK akan tetap melakukan proses secara hukum baik penelusuran keberadaan tersebut melalui proses penyelidikan. Bagi KPK sekali lagi, KPK akan tegas melakukan proses hukum secara profesional siapa pun itu, KPK akan menegakkan. KPK akan menyaring segala informasi yang masuk berkenaan dengan kasus tersebut sebelum nantinya didalami lebih lanjut,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di gedung KPK, Jakarta, Senin, 21 Desember 2020, dilansir suara.com.

Baca juga: KPK: Koruptor Dana Bencana Seperti Covid-19 dapat Dijatuhi Hukuman Mati

Gufron menambahkan, KPK akan tetap melakukan proses hukum secara profesional terhadap siapa pun itu jika memang ada pihak lain terlibat dalam kasus korupsi bansos tersebut.

“Jadi, KPK sekali lagi menerima siapa pun akan memberikan info kepada penegak hukum pemberantasan korupsi khususnya soal Covid-19 ini termasuk bantuan sosial di Kemensos termasuk kepada siapa pun termasuk yang dipertanyakan keberadaan saudara Gibran Rakabuming. Semua info itu kami akan “filter”, nanti apakah kemudian info itu adalah info yang memerlukan pendalaman atau tidak, perlu didalami atau tidak, berkenan tersebut ada buktinya atau tidak, semua akan kami tindaklanjuti,” imbuhnya.

Baca juga: OTT Lagi, Kali Ini KPK Jerat Pejabat Kemensos RI

Atas dugaan ini, Gibran sendiri membantah informasi yang menyebut dirinya terlibat dalam kasus dugaan korupsi tersebut. Anak Sulung Jokowi ini mengaku tidak pernah ikut campur atau merekomendasikan pengadaan goodie bag dari PT Sri Rejeki Isman (PT Sritex) yang digunakan sebagai wadah paket bansos yang dibagikan Kemensos.

“Tidak benar itu, saya tidak pernah rekomendasikan atau memerintah atau ikut campur dalam urusan bansos, apalagi rekomendasikan goodie bag, tidak pernah. Itu berita tak benar,” kata Gibran dalam siaran persnya.

Gibran pun menantang agar semua pihak membuktikan kepada KPK untuk menelusuri kebenaran isu tersebut. Selain itu, dia juga meminta agar melakukan pengecekan kepada Sritex.(*)

Pos Terkait

Back to top button