Nasional

Hadapi Pemilu 2019, Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Kerahkan 45 Kapal untuk Patroli Perairan

Baharkam Promoter! – Sebagai tindak lanjut instruksi Kapolri pada saat vicon pekan lalu demi menciptakan perairan yang aman dan kondusif, Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri terus meningkatkan patroli dan pengamanan kawasan.

Situasi keamanan dalam negeri yang kondusif tentu menjadi harapan kita semua sebagai warga negara. Polri memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mewujudkannya.

Seluruh Jajaran Kepolisian dengan back up dari TNI saat ini tengah bersiaga menjelang gelaran pesta demokrasi lima tahunan yaitu pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) tanggal 17 April 2019 mendatang.

Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif selama tahapan Pemilu 2019 berlangsung, telah melaksanakan patroli dengan Alut yang dimiliki guna mencegah terjadinya segala bentuk pelanggaran dan tindak pidana di wilayah perairan dan pesisir.

“Kami mengerahkan 45 unit kapal patroli, di mana kapal tersebut tergelar dengan status tugas Bawah Kendali Operasi (BKO) di Polda-Polda seluruh Indonesia. Kemudian ada beberapa kapal juga terlibat dalam Operasi Mantab Brata (OMB). Terdapat beberapa wilayah yang dikategorikan rawan berdasarkan pemetaan Polri, menjadi prioritas dilakukan upaya peningkatan patroli perairan, antara lain di lesisir utara Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan, dan Papua,” demikian penjelasan Kasubdit Patroli Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Kombes Pol Makhruzi Rahman SIK, MH.

Selain itu dalam pelaksanaan patroli, Crew kapal selaku pengemban fungsi Polmas melakukan sosialisasi imbauan Kamtibmas kepada para ABK dan mengimbau kepada masyarakat pesisir saat kapal bersandar agar tetap menjaga keamanan lingkungan dan kawasan, tetap fokus bekerja dan tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong/hoax serta fitnah selama masa kampanye.

Selain itu, seluruh masyarakat juga diharapkan dapat mendukung upaya aparat Kepolisian dan TNI dalam menciptakan suasana yang aman, damai, dan senantiasa menjaga kerukunan serta lebih mementingkan persatuan dan kesatuan bangsa selama dan pasca Pemilu 2019.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button