Hari Ini Presiden Jokowi Terima Suntikan Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Hari Ini Presiden Jokowi Terima Suntikan Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua
Hari Ini Presiden Jokowi Terima Suntikan Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua

Penanusa.com – Hari ini, Rabu, 27 Januari 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan vaksinasi COVID-19 dosis kedua, bertempat di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta.

Vaksinasi dosis kedua ini diberikan berselang 14 hari setelah suntikan dosis pertama pada 13 Januari 2021 lalu. Saat itu Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang divaksinasi sebagai tanda dimulainya program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

“Setelah suntikan vaksin COVID-19 yang pertama itu, di 13 Januari yang lalu, dua minggu yang lalu, sekarang hari ini saya mendapatkan suntikan vaksin yang kedua,” kata Presiden Jokowi usai divaksinasi.

Baca juga: Lebih dari 132.000 Nakes Terima Vaksinasi COVID-19 Tahap I

Dosis yang disuntikkan setiap tahapnya itu masing-masing berukuran 0,5 mililiter. Vaksin yang digunakan adalah CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd yang telah mendapat fatwa suci dan halal dari MUI serta izin penggunaan darurat dari Badan POM.

Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi COVID-19, dr Reisa Brotoasmoro, menjelaskan vaksinasi dosis pertama bertujuan untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh, juga untuk memicu respons kekebalan awal.

Selang 14 hari dari pemberian dosis pertama, dilanjutkan dengan suntikan kedua yang bertujuan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

“Dua dosis suntikan ini akan memicu respons antibodi yang lebih optimal dan lebih efektif di masa yang akan datang,” terang dr Reisa, kemudian menambahkan bahwa antibodi tersebut baru akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua dilakukan. (*)

Baca juga: 26 Januari 2021: Kasus COVID-19 di Indonesia Tembus 1 Juta

Topik Lainya:

Kabar Terkait:

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120
Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami