Hingga 23 Desember 2020, Penerimaan Pajak Indonesia Capai Rp1.019,56 Triliun

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Hingga 23 Desember 2020, Penerimaan Pajak Indonesia Capai Rp1.019,56 Triliun
Hingga 23 Desember 2020, Penerimaan Pajak Indonesia Capai Rp1.019,56 Triliun

Penanusa.com – Kementerian Keuangan RI mencatat penerimaan pajak Indonesia pada tahun 2020 hingga 23 Desember 2020 mencapai Rp1.019,56 triliun.

Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, jumlah tersebut merupakan 85,65 persen dari target pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2020 sebesar Rp1.198,8 triliun. Artinya masih kurang Rp179,24 triliun lagi untuk mencapai target.

“Kita tetap akan mendorong seluruh kantor-kantor wilayah (Kanwil) dan KPP (Kantor Pelayanan Pajak) untuk bisa sedekat mungkin mencapai target, meskipun kita tahu kondisi perekonomian tidak mudah,” kata Sri Mulyani dalam pernyataan tertulisnya, Rabu kemarin, dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Sri Mulyani menerangkan terdapat 49 KPP yang telah mencapai target penerimaan pajak, bahkan beberapa KPP berhasil mencatat penerimaan lebih dari 100 persen. Sementara enam Kanwil DJP (Direktorat Jenderal Pajak) diproyeksikan akan mencapai target penerimaan hingga akhir tahun 2020. Sedangkan tingkat kepatuhan pelaporan SPT Tahunan mencapai 76,86 persen.

Baca juga: Formulasi Vaksin+UU Ciptaker Diyakini Mampu Pulihkan Ekonomi Indonesia

“Direktorat Jenderal Pajak sekarang menghadapi kondisi, di mana di satu sisi harus mengumpulkan penerimaan pajak, di sisi lain juga memberikan dukungan dan bahkan membantu Wajib Pajak untuk mendapatkan insentif perpajakan. Kita berharap untuk bisa tetap menjaga perekonomian dan dunia usaha, terutama para pelaku ekonomi bisa bertahan dan bahkan pulih kondisi usahanya,” ungkap Sri Mulyani.

Ia berharap, DJP juga terus mengumpulkan penerimaan pajak melalui sistem elektronik dari perusahaan-perusahaan digital. Terdapat 23 perusahaan digital yang sudah mengumpulkan penerimaan pajak melalui sistem elektronik dengan nilai mencapai Rp616 miliar. “Ini belum semuanya. Kita masih tahu, ada lima yang nanti kita akan kumpulkan sampai dengan akhir tahun,” tambahnya. (*)

Baca juga: Anggota DPR Harap Kenaikan Cukai Rokok Tak Pengaruhi Keberlangsungan Usaha Tembakau

Topik Lainya:

Kabar Terkait:

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120
Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami