Nasional

Ini Kronologi Gugurnya Perwira Tinggi Polri Brigjen Pol Syaiful Zachri saat Bertugas Amankan Pemilu 2019

Baharkam Promoter! – Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke hadirat Allah SWT Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Drs Syaiful Zachri MM, pada Jumat, 19 April 2019.

Perwira Tinggi Kops Bhayangkara ini gugur saat menjalankan tugas pengamanan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berikut kronologi meninggalnya Ketua Tim Asistensi Operasi Mantap Brata 2019 wilayah Polda NTT tersebut:

Jumat pagi, pukul 06.30 WITA, Brigjen Pol Syaiful Zachri didampingi AKBP Feri Boidianto, Kompol Jamaludin, Iptu Markus Malik, Brigpol Bayu, dan Brigpol Dewa Citra, berangkat menggunakan Kapal Polisi (KP) 2004 dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Pulau Rinca.

Pukul 08.00 WITA, rombongan tiba di dermaga Pulau Rinca. Pukul 10.00, bergeser dari Pulau Rinca menuju Pulau kelor.

Pukul 10.30 WITA, rombongan tiba di Pulau Kelor dan langsung mendaki bukit. Di sini Brigjen Pol Syaiful Zachri didampingi oleh AKBP Feri Boidianto, Iptu Markus Malik, Brigpol Bayu, dan Brigpol Dewa Citra.

Pada saat mendaki bukit Pulau Kelor, Brigjen Lol Syaiful Zahcri mengalami kelelahan dan kekurangan oksigen. Selanjutnya anggota rombongan mengangkatnya menuju ke KP 2004 untuk diantar ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Pukul 11.05 WITA, KP 2004 bergeser dari Pulau Kelor menuju Pelabuhan Tilong Labuan Bajo. Pukul 11.30 tiba di Labuan bajo dan langsung diantar ke RS Siloam menggunakan ambulans.

Pukul 11.40 WITA, Brigjen Pol Syaiful Zachri dinyatakan meninggal dunia oleh dokter RS Siloam karena serangan jantung.

Rencana jenazah akan diberangkatkan ke Jakarta pukul 13.57 WITA menggunakan pesawat Batik Air dan didampingi oleh Kapolres Manggarai Barat.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button