HeadlinePolmas

Ini Pesan Komjen Pol Agus Andrianto kepada 5 Pejabat Utama Baharkam Polri yang Baru

Penanusa.com – Setelah menunggu sekitar 1,5 bulan, akhirnya Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) lima Pejabat Utama Baharkam Polri dapat dilangsungkan hari ini, Rabu, 6 Januari 2021, bertempat di Lobby Utama Gedung Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta.

Kelima jabatan yang diserahterimakan itu masing-masing adalah Kakorbinmas Baharkam Polri dari Irjen Pol Risyapudin Nursin SIK, kepada Irjen Pol Suwondo Nainggolan SIK, MH; Kakorsabhara Baharkam Polri dari Irjen Pol Drs Wahyudi Hidayat kepada Irjen Pol Drs Nanang Avianto MSi; Karorenmin Baharkam Polri Irjen Pol Drs Ruslan SH, MH, kepada Brigjen Pol Agung Julianto SIK, MSi; Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri dari Irjen Pol A Fahruz Zaman kepada Brigjen Pol Drs Aan Suhanan MSi; dan Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri dari Brigjen Pol Drs Hariyanto SH, MH, kepada Brigjen Pol Ahmad Subarkah SIK.

“Baharkam Polri ini memang luar biasa, yang pindah juga pada posisinya, bahkan semuanya naik. Syukur alhamdulillah, ini tentu berkat dari Tuhan sehingga promosi dan mutasi yang diterima oleh jajaran Baharkam Polri bisa membanggakan kita sekalian,” kata Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, yang memimpin Upacara Sertijab tersebut.

Kepada pejabat baru, Komjen Pol Agus Andrianto mengungkapkan bahwa beban tugas di Baharkam Polri tidaklah ringan. Karena menurutnya, Baharkam Polri adalah miniatur Polri yang bertanggung jawab mewujudkan dan memelihara keamanan dalam negeri.

“Karena bukan hanya memiliki fungsi preemtif dan preventif, tapi juga memiliki fungsi deteksi, memiliki fungsi penegakan hukum, bahkan juga memiliki fungsi lalu-lintas, setidaknya kita mengatur membantu kelancaran lalu-lintas di pesisir wilayah perairan. Artinya bahwa beban tugas di lingkungan Baharkam Polri sesungguhnya jauh lebih besar dibandingkan dengan tugas-tugas di fungsi-fungsi lain,” jelas jenderal polisi bintang tiga dengan ciri khas kumis tebal itu.

Bahkan dia mengungkapkan, jika tugas-tugas di Baharkam Polri dapat dioptimalkan, maka tak akan ada banyak pekerjaan bagi Bareskrim Polri. “Sebenarya kalau Baharkam ini kerjanya optimal, Kabareskrim itu [bisa] ‘duduk-duduk’. Kejahatan itu pasti turun,” tegasnya.

Baca juga: Tiba-tiba Komjen Pol Agus Andrianto Sebut Nama Imam Samudra, Ada Apa?

Oleh karena itu, Komjen Pol Agus Andrianto berpesan kepada pejabat baru Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, untuk tidak hanya melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan oleh pejabat sebelumnya, tapi harus berbuat sesuatu yang tidak biasa-biasa saja, terutama di tengah pandemi COVID-19.

Terkait pandemi COVID-19 ini, tugas berat menanti sang pejabat baru, di antaranya memastikan berjalannya kebijakan Kapolri dalam mendukung program terwujudnya ketahanan pangan nasional dan membangun peran Bhabinkamtibmas dalam mengawal Dana Desa dan penyaluran bantuan sosial (Bansos).

Komjen POl Agus Andrianto berharap, dalam melaksanakan tugas tersebut, Kakorbinmas yang baru tidak berfokus pada upaya mencari kesalahan tapi harus juga berupaya memberi solusi kepada masyarakat agar bisa mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Upayakan kita bisa menjadi bagian dari yang memberikan solusi kepada masyarakat,” pesannya.

Komjen Pol Agus Andrianto percaya tingkat kesejahteraan masyarakat berjalan berbanding terbalik dengan tingkat kejahatan atau kriminal. Semangkin tinggi tingkat kesejahteraan maka akan semakin rendah tingkat kejahatannya. Sebaliknya, semakin rendah tingkat kejahatan maka tingkat kriminal akan semakin tinggi.

Kemudian kepada Kakorsabhara yang baru, Komjen Pol Agus Andrianto meminta agar apa yang sudah dirintis oleh pejabat sebelumnya dapat dipertahankan dan ditingkatkan, utamanya dalam upaya memberikan dukungan terhadap upaya-upaya mencegah agar potensi gangguan tidak menjadi gangguan.

Sang pejabat baru pun diminta mempersiapkan target pembinaan 2.000 personel Perintis. “Mohon disiapkan betul, dilatih betul, sehingga Perintis Baharkam Polri ini bisa memberikan kontribusi bagi penanganan unjuk rasa, termasuk juga upaya-upaya untuk membantu Polda Metro Jaya di dalam memelihara keamanan di wilayahnya. Karena Jakarta ini adalah barometer, semua terpusat di sini,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

“Tentunya ini Pak Kakorsabhara tidak bisa bekerja sendiri, tentunya didukung oleh Pak Dirsamapta dan Pak Dirpolsatwa, dan itu semua nanti muaranya kepada Pak Karorenmin, karena di Biro Renminlah muaranya belanja modal,” tambahnya.

“Kepada pejabat yang baru, saya ucapkan selamat datang, selamat bertugas. Mari kita bergabung, mari kita merapatkan barisan, untuk memberikan kontribusi Baharkam Polri bagi tercapainya tugas-tugas Bapak Kapolri di dalam mewujudkan terpeliharanya keamanan dalam negeri, sebagai bagian dari amanah undang-undang kepada kita,” ungkap Pati Polri yang murah senyum itu sebelum mengakhiri amanatnya. (*)

Baca juga: Kabaharkam Polri Ajak Anggota Polisi Bersyukur: Kalau Tidak Bisa Berprestasi, Jangan Buat Masalah!

Pos Terkait

Back to top button