Gaya Hidup

Inilah 11 Manfaat Beras Merah, Salah Satunya Mencegah Kolesterol

Penanusa.com – Manfaat dan kandungan gizi dari beras merah memang sudah terbukti, bahkan diyakini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Ya, beras merah atau biasa disebut dalam nama latin Oryza punctata ini merupakan salah satu jenis beras yang juga memiliki gizi lebih besar dibanding beras putih.

Tapi ketersediaan beras merah kini sudah tidak asing lagi, di banyak tempat atau daerah sudah bisa ditemukan.

Sehingga masyarakat Indonesia bisa mengkonsumsi beras merah ini dengan mudah dan mendapatkan khasiatnya.

Beras jenis ini kaya akan kandungan serat, vitamin B1 dan B2, zat besi, dan kalsium.

Baca juga: Penyelesaian Covid-19 Jadi PR Besar Menkes Baru Budi Sadikin

Waktu memasaknya relatif lebih lama dari nasi putih dan memiliki rasa pedas dan rasa yang lebih memuaskan.

Karena kandungan gizinya yang lebih tinggi dan manfaat kesehatan dari nasi merah, maka sangat disarankan bagi penderita jantung maupun diabetes untuk mengonsumsi beras merah.

Dikutip dari Health Benefits Times, berikut adalah 11 manfaat dari beras merah bagi kesehatan:

1. Kaya Antioksidan

Beras merah adalah sumber zat besi atau mangan yang bagus. Mangan berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh dan juga merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, beras merah kaya akan seng, mineral yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga mekanisme pertahanan tubuh agar berfungsi secara efektif.

2. Mengandung Vitamin B6

Dengan mengonsumsi satu porsi nasi merah, dapat memenuhi 23 persen asupan vitamin B6 harian. Vitamin khusus ini dibutuhkan untuk membantu menyeimbangkan perkembangan serotonin, sel darah merah yang berkaitan dengan pembentukan sel DNA.

Baca juga: KPK Tahan Direktur Perusahaan Swasta Atas Dugaan Suap ke Bupati Cirebon

3. Menurunkan Kolesterol

Suatu penelitian mengatakan bahwa beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam darah. Komponen aktif dalam beras merah yang berperan adalah monacolin K.

Namun, jangan banyak mengonsumsi beras merah jika sedang menderita penyakit hati, sedang hamil, atau berusia kurang dari 18 tahun. Efek sampingnya terdiri dari kentut, mulas, dan pusing.

4. Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Jumlah lipoprotein densitas rendah atau LDL yang lebih tinggi dalam darah menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri. Ini mempersempit ukuran arteri dan dapat menyumbat arteri koroner, menyebabkan serangan jantung.

Kadar kolesterol LDL berkurang pada pasien yang mengonsumsi nasi merah dibandingkan dengan pasien yang mendapatkan plasebo.

Ketika kadar LDL atau kolesterol jahat terkontrol, kesehatan jantung juga akan meningkat dan peluang terjangkit penyakit kardiovaskular menjadi minim.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes dapat merusak mata, ginjal, dan juga jantung koroner.

Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberian beras merah dapat menurunkan glukosa darah pada tikus diabetes yang kekurangan insulin.

6. Menurunkan Risiko Obesitas

Beras merah akan membantu mengurangi keinginan untuk makan dan membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang sangat lama.

Beras merah memberikan energi pada tubuh dan membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Nasi merah juga benar-benar bebas lemak dan baik dikonsumsi saat menjalani diet.

7. Membantu Melawan Asma

Karena nasi merah adalah sumber magnesium yang baik, membantu mengatur pola pernapasan normal, dengan mengonsumsi nasi merah secara teratur akan membantu tubuh terhindar dari penyakit asma.

8. Diperkaya dengan Antioksidan Kuat

Beras merah juga mengandung antioksidan yang sangat terapeutik untuk kulit. Sering mengonsumsi beras merah dapat membantu menghindari munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Selain itu, beras merah dapat membantu mengencangkan kulit dan meminimalkan kerusakan akibat sinar UV yang dapat menyebabkan keriput.

Baca juga: Pejabat Polri  Divonis Terkait Kasus Dugaan Pemalsuan Surat Jalan, Kapolri: Hukum Tidak Tajam ke Bawah

9. Baik untuk Kesehatan Tulang

Nasi merah adalah sumber magnesium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Magnesium adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang sehat dan kekurangan magnesium dapat menyebabkan osteoporosis dan kepadatan tulang yang rendah di kemudian hari.

Konsumsi beras merah secara teratur akan membantu menghindari dan meredakan masalah persendian yang tengah dialami.

10. Kaya Serat

Beras merah adalah biji-bijian untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Untuk orang dewasa, asupan serat yang disarankan adalah 14 gram per 1.000 kalori.

Serat mampu membantu mencegah dan meringankan sembelit, serta meningkatkan fungsi usus. Nasi putih kaya akan karbohidrat, sedangkan nasi merah kaya akan serat.

11. Kaya Zat Besi

Manfaat ini sangat berguna bagi penderita kekurangan zat besi atau anemia. Selain suplemen yang dikonsumsi sehari-hari, bisa juga menambahkan nasi merah ke dalam menu makanan karena kaya akan zat besi.

Zat besi sangat penting dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.Zat besi juga membantu menangkal infeksi yang mungkin menyerang tubuh.

Demikian kandungan dan manfaat dari beras merah bagi kesehatan yang baik untuk dimasukkan dalam menu diet. (*)

Pos Terkait

Back to top button