fbpx
Iran Rilis Surat Perintah Penangkapan Presiden AS Donald Trump

Iran Rilis Surat Perintah Penangkapan Presiden AS Donald Trump

Penanusa.com – Iran telah mengeluarkan surat perintah penangkapan dan meminta Interpol membantu menahan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan beberapa orang lainnya, dengan tuduhan melakukan serangan pesawat tak berawak yang menewaskan seorang jenderal top Iran di Baghdad.

Senin kemarin, 29 Juni 2020, Jaksa Teheran, Ali Alqasimehr, mengatakan bahwa Trump, bersama lebih dari 30 orang lainnya, terlibat dalam serangan 3 Januari yang menewaskan Jenderal Qassem Soleimani. Iran menyatakan kasus itu sebagai “pembunuhan dan terorisme”.

Namun demikian, utusan AS untuk Iran, Brian Hook, menganggap tindakan Iran tersebut sebagai “aksi propaganda”.

“Ini adalah ranah politik. Ini tidak ada hubungannya dengan keamanan nasional, perdamaian internasional, atau promosi stabilitas … Ini adalah aksi propaganda yang tidak seorang pun menganggap serius,” katanya di Arab Saudi, dikutip dari aljazeera.com pada Selasa, 30 Juni 2020.

Oleh karena itu Hook yakin, jika perintah penangkapan tersebut dikirimkan ke Interpol, maka Interpol tidak akan menindaklanjutinya.

“Kami menilai Interpol tidak akan melakukan intervensi dan mengeluarkan Red Notices yang didasarkan pada ranah politik,” ungkap Hook.

Dalam pernyataannya, Interpol sendiri mengatakan bahwa konstitusi melarang polisi internasional yang berbasis di Lyon, Prancis, ini melakukan intervensi atau kegiatan apa pun yang bersifat politik, militer, agama, atau ras.

Baca juga: AS bersiap mengepung Tiongkok di Laut China Selatan

Related Posts