Nasional

Irjen Pol Sudjarno: Sabhara Polri Harus Bisa Diandalkan dalam Hadapi Setiap Gangguan Kamtibmas

 

Baharkam Hebat! – Kepala Korps Samapta Bhayangkara (Kakorsabhara) Baharkam Polri, Irjen Pol Drs Sudjarno, menutup pelatihan mobile rescue di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (20-09-2018).

Pelatihan yang digelar Ditsamapta Korsabhara Baharkam Polri dilakukan dengan maksud untuk mengembangkan tugas SAR terbatas anggota jajaran Korsabhara agar menjadi personel Sabhara yang profesional dan modern.

“Sabhara Polri, sebagai back bone, setiap saat harus selalu siap hadir di tengah-tengah masyarakat dan bisa diandalkan dalam menghadapi setiap gangguan Kamtibmas,” kata Irjen Pol Sudjarno kepada peserta pelatihan.

Selain itu, Kakorsabhara Baharkam Polri juga melakukan pengecekan terhadap para peserta pelatihan pengoperasian dan perseatan Kendaraan Taktis Rescue Sabhara sekaligus menutup pelatihan yang telah berlangsung sejak Selasa, 18 September 2018.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 personel Sabhara dari 5 Polda yang mendapat distribusi kendaraan Rantis Rescue TA 2018. Polda-Polda tersebut adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Barat.

Kakorsabhara Baharkam Polri menegaskan, bahwa pelatihan bagi personel yang mengawaki Rantis Rescue Sabhara ini tidak hanya sampai saat ini saja, tetapi sangat perlu untuk terus menerus dilaksanakan pelatihan di masing masing kesatuan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme petugas SAR Sabhara, serta untuk membentuk regenerasi dan kaderisasi personel Sabhara, sehingga hal ini dapat meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat terutama yang mengalami bencana dan kecelakaan.

Kendaraan Rantis Rescue Sabhara ini telah menjadi andalan bagi kewilayahan, dikarenakan kendaraan ini berisikan berbagai peralatan berat dan ringan yang mampu menjawab tantangan tugas Polri, terutama pada bidang pertolongan dan penyelamatan bagi korban bencana serta kecelakaan.

Dengan pelatihan ini juga, diharapkan para personel yang mengawaki Rantis Rescue ini mampu untuk menjaga dan merawat baik kendaraan maupun berbagai peralatan yang ada di dalamnya. Sehingga peralatan ini dapat dimaksimalkan fungsinya dan terjaga usia pakainya.

Sebelum menutup arahannya, Kakorsabhara menegaskan kepada para peserta pelatihan untuk mengoperasikan, merawat dan menjaga Rantis Rescue berikut peralatannya tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab, mengingat Rantis Rescue Sabhara ini diadakan semata-mata untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button