Nasional

Irwasum Polri Ingin Jajarannya Tingkatkan Kualitas Kinerja

 

Penanusa.com – Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, telah menyampaikan Commander Wish (harapan pimpinan) kepada jajarannya, bertempat di Rupatama Itwasum Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.

Dalam kesempatan yang dihadiri seluruh personel Itwasum Polri itu, Komjen Pol Moechgiyarto memberikan beberapa penekanan kepada jajarannya yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalankan visi-misinya selama menjabat sebagai Irwasum Polri sebagai berikut.

Komjen Pol Moechgiyarto berharap, personel Itwasum Polri saat kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) ke wilayah sebagai konsultan, bisa memberikan guideance (pendampingan), harapan, dan kualitas.

Selanjutnya Irwasum Polri berharap agar personel Itwasum Polri meningkatkan kualitas kinerja dalam melaksanakan tupoksinya.

“Seiring perkembangan zaman, tentunya banyak peraturan-peraturan yang baru, sehingga auditor diharapkan selalu up to date terhadap peraturan-peraturan yang baru dan saling sharing kepada sesama auditor apabila dalam Wasrik menemukan temuan yang baru,” kata Pati Polri yang berpengalaman di dunia Reserse itu.

Selain itu, pada agenda kegiatan ke depan akan ada Wasrik Tahap 2 yaitu pelaksanaan dan pengendalian serta Wasops Ketupat 2019, Irwasum Polri berharap kepada para auditor sebelum melaksanakan kegiatan pengawasan agar mempersiapkan referensi, pedoman sebagai acuan serta profiling wilayah tujuan, mengumpulkan tim, mempersiapkan kisi-kisi, dan lebih tajam saat pemeriksaan.

“Jika ada temuan dumas (pengaduan masyarakat), agar dipelajari, ditindaklanjuti, dan dikordinasikan dengan reserse. Dan diharapkan Irsus (Irwil V) apabila turun ke lapangan membentuk tim gabungan (Bareskrim dan Propam),” imbuh Komjen Pol Moechgiyarto.

Berikutnya, Irwasum Polri meminta kepada jajarannya untuk mempelajari dan memahami Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri. Sehingga diharapkan para auditor lebih paham dalam melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan terkait pelanggaran personel.

Dan terakhir, Irwasum Polri sebagai Kasatgas Saber Pungli, menekankan kepada Satgas Saber Pungli untuk lebih mengedepankan kegiatan pencegahan daripada penindakan.

[Gayul]

Pos Terkait

Back to top button