Nasional

Irwasum Polri Minta Pokja Satgas Saber Pungli dan UPP Bersinergi Berantas Pungli

Penanusa.com – Irwasum Polri yang sekaligus Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Kasatgas Saber Pungli), Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, meminta Pokja Satgas Saber Pungli dan Pokja Unit Pelayanan Publik (UPP) yang ada di kementerian/lembaga dan Pemda dapat membangun sinergitas yang baik dalam pemberantasan Pungli.

Hal itu disampaikan Komjen Pol Moechgiyarto saat memberikan arahan pada Rapat Kerja Nasional Satgas Saber Pungli 2019 yang digelar di Hotel Aston Bogor, Jawa Barat, Senin, 9 Desember 2019.

Selain itu, Komjen Pol Moechgiyarto juga berharap hasil operasi tangkap tangan (OTT) yang dilaksanakan baik oleh Satgas maupun UPP terhadap kasus yang mendapat perhatian masyarakat, serta kegiatan pencegahan, agar dipublikasikan secara baik.

Selanjutnya, selain penguatan pemanfaatan teknologi informasi, Komjen Pol Moechgiyarto juga berharap agar Pokja Satgas Saber Pungli dan Pokja UPP meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam mencegah terjadinya Pungli melalui penayangan iklan layanan masyarakat. “Di antaranya spanduk, banner, operator LED, billboard, bioskop, dan stasiun tv,” katanya.

Sosialisasikan terus Call Center Satgas dan UPP Saber Pungli agar masyarakat paham dan mengerti tentang saluran pengaduan Pungli untuk segera dianalisis dan ditindaklanjuti oleh petugas yang berwenang,” imbuh Komjen Pol Moechgiyarto.

Sebelum mengakhiri arahannya, Komjen Pol Moechgiyarto memohon kepada Kaset Satgas dan Koordinator Kelompok Ahli agar menindaklanjuti saran Satgas Saber Pungli ditingkatkan menjadi Badan Nasional Saber Pungli yang target utamanya mengedepankan bidang pencegahan.

[Gayul]

Pos Terkait

Back to top button