Nasional

Irwasum Polri Turut Menghadiri Upacara Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke-73

Penanusa.com – Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, menghadiri Upacara dan Syukuran Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Silang Monas, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.

Hari Bhayangkara sendiri diperingati setiap tanggal 1 Juli. Sebelumnya, di berbagai daerah di Indonesia, telah digelar berbagai kegiatan dalam rangkaian peringatan hari yang juga biasa disebut Hari Ulang Tahun (HUT) Polri ini.

Di tingkat kepolisian kewilayahan maupun kesatuan telah digelar berbagai kegiatan berupa bakti sosial, bakti kesehatan, dan kegiatan lainnya yang dapat dijadikan ajang mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Sehingga akhirnya puncak dari itu semua digelarlah upacara puncak peringatan yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi).

Turut hadir Wakil Presiden H Jusuf Kalla, Kapolri dan para Pejabat Utama Mabes Polri, Panglima TNI dan para Kepala Staf TNI, Kapolda Metro Jaya dan Pejabat Utama Polda Metro Jaya, serta pejabat negara lainnya.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengapresiasi kinerja Polri, yang dengan semangat Promoternya mampu meningkatkan kepercayaan dari masyarakat.

Namun demikian, Presiden Jokowi mengakui, masih banyak tantangan serius untuk Polri ke depan. Dibutuhkan kecerdasan dan kecepatan Polri dalam mengatasi tantangan tersebut. Oleh karena itu, ada lima pesan Presiden kepada Polri yang dapat dijadikan pedoman dalam upaya terus meningkatkan kinerja. Pesan itu adalah:

1. Terus meningkatkan kualitas SDM Polri;
2. Agar Polri mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan yang humanis;
3. Terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, dan cepat;
4. Agar Polri meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum; dan
5. Agar memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial.

[Gayul]

Pos Terkait

Back to top button