fbpx
Jack Sparrow Dipensiunkan dari Pirates of the Carribean?

Jack Sparrow Dipensiunkan dari Pirates of the Carribean?

Nasib Jack Sparrow sepertinya sudah diujung tanduk dengan Disney yang hanya melakukan satu reboot film Pirates of the Carribean saja. Johnny Depp merupakan pemeran dari karakter kapten Jack Sparrow dan berhasil membintangi 5 buah film dalam franchisenya. Tapi, kabar beberapa waktu lalu menyebutkan jika Disney berencana untuk melakukan reboot terhadap franchise ini.

Dua buah film sudah dipersiapkan oleh Disney, yang memberikan petunjuk bahwa franchise ini akan terus berlanjut tanpa adanya kehadiran dari Depp. Hal itu membuat para fans penasaran tentang bagaimana selanjutnya nasib dari sosok Jack Sparrow. Perjuangan untuk memulai franchise ini tidaklah mudah, bahkan sang produser yaitu Jerry Bruckheimer harus menghadapi banyak kendala.

Para petinggi Disney beranggapan bahwa ide Bruckhemer untuk mengadaptasi sebuah atraksi permainan menjadi sebuah film layar lebar adalah ide yang buruk. Bahkan CEO Disney kala itu, Michael Eisner, sempat mencoba untuk menghentikan usaha Bruckheimer tersebut, dengan anggapan bahwa film tersebut akan menjadi film yang sangat buruk.

Bruckheimer kemudian berhasil meyakinkan pihak Disney bahwa film ini akan sesukses franchise besar lainnya seperti The Matrix dan The Lord of the Rings. Meskipun berhasil meyakinkan pihak Disney, Eisner masih memiliki masalah dengan cerita, ongkos produksi, dan juga pemilihan Johnny Depp sebagai pemeran utama. Mereka beranggapan Depp adalah aktor yang akan menghancurkan filmnya.

Setelah semua kekhawatiran tersebut, akhirnya pada 2003 lalu film Pirates of the Caribean: The Curse of the Black Pearl resmi dirilis dan menjadi film dengan pemasukan terbesar keempat pada tahun tersebut dengan berhasil meraih USD 635 juta. Kesuksesan film tersebut kemudian melahirkan film-film lainnya yang menjadikan franchise Pirates of the Carribean menjadi franchise dengan pemasukan terbesar nomor 14 setelah Mission: Impossible dan Despicable Me.

Sampai saat ini, film bertema bajak laut tersebut masih menjadi live-action Disney yang paling sukses, dan film ini bukanlah film hasil akusisi atau remake. Jadi, wajar jika kemudian Disney begitu bernafsu untuk segera melakukan reboot terhadap franchisenya. Bukan hanya sekali, tapi dua kali.

Johnny Depp sendiri memiliki peran besar terhadap kesuksesan filmnya. Depp berhasil memerankan Jack Sparrow dengan sempurna, bahkan pembuat film sampai-sampai rela untuk membuat seluruh cerita di franchise ini berkaitan dengan Jack Sparrow. Tapi, sisi negatifnya adalah mereka menjadi terbatas dalam pembuatan cerita. Mereka tidak bisa melebarkan cerita dan tidak bisa jika tidak melibatkan sosok Sparrow dalam cerita tersebut.

Selain dari segi cerita, ongkos produksi filmnya juga semakin membesar. Film keempat, On Stranger Tides, resmi menjadi film dengan ongkos produksi paling tinggi yang pernah ada, dengan jumlah keseluruhannya mencapai USD 375 juta. Dari angka tersebut USD 55 juta diantaranya dihabiskan untuk membayar gaji Johnny Depp, dan angka tersebut menjadikan Depp sebagai salah satu aktor dengan bayaran termahal untuk satu buah film.

Film kelima, Dead Men Tell No Tales, dikabarkan menghabiskan uang sebesar USD 320 juta untuk memproduksi filmnya. Angka tersebut kemudian dikoreksi oleh Disney, dan ongkos produksi untuk film tersebut adalah USD 230 juta. Meskipun berhasil mendapatkan pendapatan USD 794.7 juta di seluruh dunia, filmnya menjadi film dengan pendapatan terendah kedua di franchise Pirates of the Carribean.

Penurunan pendapatan tersebut diakibatkan oleh berkurangnya penonton domestik, dan para kritikus juga memberikan catatan bahwa para penonton sudah lelah dengan aksi komikal dari Jack Sparrow. Franchise Pirates of the Carribean mungkin masih menjadi perhatian bagi Disney, tapi sudah tidak terlalu menguntungkan apalagi mereka sekarang memiliki Marvel Studios sebagai mesin uang mereka.

Jika Disney masih ingin menggunakan jasa Depp di film terbaru nanti, akan lebih baik jika Jack Sparrow hanya muncul sebagai cameo atau memiliki peran yang kecil dan berfokus pada bintang baru di franchise tersebut. Dengan adanya proyek reboot ini, Disney mendapatkan kesempatan untuk menghirup udara baru bagi franchisenya. Disney bisa memperkenalkan elemen baru yang akan bisa menghasilkan keuntungan secara finansial maupun dari sisi kreativitas. Kita nantikan saja ya Geeks gebrakan terbaru dari franchise ini.

Baca juga: Berbagai Film Horror Paling Ditunggu di 2021!

Related Posts