Gaya Hidup

Jeans Ramah Lingkungan, Bagaimana Cara Merawatnya?

Penanusa.com – Baru-baru ini bermunculan produk jeans yang ramah lingkungan. Lantas, apakah cara merawat jeans ini sama dengan merawat jeans pada umumnya?

Semakin kesini kesadaran masyarakat akan lingkungan semakin tinggi. Orang-orang mulai menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Termasuk urusan berbusana.

Industri fashion sendiri termasuk salah satu penyumbang polusi terbesar di dunia. Menanggapi situasi tersebut, para produsen mulai berinovasi untuk menciptakan busana yang minim dampak buruknya terhadap lingkungan. Produk jeans yang proses produksinya menguras energi dan menghasilkan limbah berlebih menjadi perhatian utama mereka.

Uniqlo misalnya yang mengeluarkan koleksi bertajuk ‘Sustainable Cities’ untuk Fall 2020. “Inspirasinya dari masyarakat urban yang sudah mulai memikirkan gaya hidup yang sustainable, seperti recycling atau daur ulang,” kata Stefanie Saragih, PR Manager Uniqlo Indonesia dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu.

Inspirasi tersebut lantas, salah satunya, direalisasikan dalam pilihan jeans yang mengarah pada konsep ‘eco-friendly’. Bila biasanya proses produksi satu celana jeans bisa menghabiskan 6.000 galon air, Uniqlo mereduksinya sampai 1 persen.

Baca juga : Cegah dan Atasi Masalah Jerawat Saat Pandemi Dengan 6 Cara Sederhana Ini

Inovasi jeans juga menjadi tawaran Levi’s di koleksi terbarunya, High Loose Stay Loose. Produk jeans ini menggunakan katun hemp (cottonized hemp) yang terbuat dari tanaman hemp. Material ini tak membutuhkan banyak air dan pestisida untuk tumbuh dibanding tanaman kapas pada umumnya. Proses pewarnaannya pun tak boros air.

Keunggulan lain dari produk ini adalah mudah untuk didaur ulang sehingga diklaim lebih bersahabat dengan bumi. “Bahan pakaian yang mengandung cottonized hemp pada koleksi Levi’s terbaru memberikan konsumen penampilan otentik Levi’s yang sama dan perasaan lebih bersahabat dengan lingkungan,” ujar Country Head Marketing PT Levi Strauss Indonesia Adhita Idris saat peluncuran produk tersebut baru-baru ini.

Dalam hal perawatan jeans ramah lingkungan seperti ini sebenarnya tak terlalu berbeda dengan jeans biasa. Lala Sartika, Trainer & People Development PT Levi Strauss Indonesia, cara merawat jeans cukup dicuci seperti biasa lalu dijemur di bawah sinar matahari. “Sebaiknya jeans dibalik, supaya warna tak memudar dan bagian dalam kantong bisa kering maksimal tak berlembap,” katanya. Serta tidak disarankan pencucian yang terlalu sering.

Pos Terkait

Back to top button