HeadlineNasional

Jokowi: 2020 Penuh Tantangan, Seperti Berlayar Menembus Badai di Laut yang Gelap

Penanusa.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah deretan gambar animasi di akun Instagramnya @jokowi, Sabtu, 2 Januari 2021, tentang kenangan perjuangan di tahun 2020 yang baru saja berlalu.

“Manusia boleh berencana, tapi Tuhan jualah penentunya. Seperti tahun kemarin, pandemi membuat begitu banyak rencana yang tertinggal, impian yang tak menjadi nyata, dan keinginan yang tak terwujudkan,” tulis Jokowi pada keterangan yang mengiringi gambar itu.

Dalam gambar-gambar animasi tersebut terpampang narasi curahan hati (Curhat) Jokowi untuk tahun lalu dan harapannya untuk tahun yang baru ini.

“Mari memasuki tahun 2021 ini dengan rencana, langkah, dan semangat yang baru. Kita masih punya waktu. Kita selalu punya harapan,” katanya.

Animasi: Instagram/@jokowi

Di bagian-bagian awal gambar animasi yang diunggah, Jokowi menceritakan bagaimana kelamnya perjalanan tahun lalu akibat pandemi COVID-19. Yang kemudian memaksa kita semua untuk belajar: belajar menghargai, belajar peduli, hingga belajar beradaptasi.

Meskipun begitu, Jokowi yakin, pelajaran itu akan memabwa dampak baik untuk menyongsong tahun 2021 yang penuh pengharapan.

Baca juga: Jokowi Komitmen Tuntaskan Target Penyediaan Internet untuk 3.126 Fasyankes di Hari-hari Terakhir Tahun 2020

Berikut narasi lengkap dari gambar animasi tersebut:

Pergantian tahun yang lalu saya punya impian dan cita-cita yang ingin saya capai bersama bangsa ini di tahun 2020.

Namun, perjalanan di tahun 2020 tidak seperti yang kita duga. Badai kelam dan ombak besar menantang perjalanan kita. Terpaksa harus mengubah rencana-rencana kita.

Ombak dan badai menghantam bahtera kapal yang kita layarkan bersama ini. Kita dipaksa beradaptasi dengan kondisi yang belum pernah kita alami sebelumnya. Seperti berlayar menembus badai di laut yang gelap.

Namun di tengah kondisi yang menantang sepanjang tahun ini, kita mendapatkan banyak pembelajaran yang berarti. Kita belajar, betapa berharganya keluarga dan orang-orang terdekat, yang kehadirannya seringkali kita anggap biasa.

Kita menyadari bahwa tindakan yang kita ambil besar pengaruhnya ke lingkungan, orang-orang terdekat dan komunitas sekeliling kita. Kita belajar menghargai hal-hal sederhana dan belajar untuk lebih bersyukur.

Merenunglah sejenak dan lihat sekeliling. Ternyata kita tidak sendirian. Kita belajar lebih bersimpati, lebih peduli, dan saling membantu. Ada orang-orang yang bekerja keras, berkorban nyawa, bahkan masih banyak yang berjuang melalui pandemi ini.

Tahun 2020 memang penuh tantangan. Tetapi segala tantangan itu memberikan kita pelajaran berharga. 2021 datang dengan harapan yang baru. Segala pembelajaran yang telah kita dapatkan di tahun 2020, kita jadikan bekal untuk menjalani tahun 2021.

Badai ini akan segera berlalu, fajar 2021 merekah dengan membawa harapan baru. Mari berjuang untuk 2021 yang lebih baik. Apa harapanmu di tahun 2021? (*)

Baca juga: Presiden Jokowi: Saya yang Akan Divaksin Pertama Kali

 

Pos Terkait

Back to top button