Nasional

Kabaharkam Polri Buka Sosialisasi Manajemen Pengamanan Obvitnas dan Obter PT KCIC

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, buka kegiatan Sosialisasi Manajemen Pengamanan Obvitnas dan Obyek Tertentu, yang diselenggarakan oleh Ditpamobvit Korsabhara Polri bekerja sama dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai pelaksana proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, bertempat di Cendana Room, Park Hotel, Cawang, Jakarta, Senin, 22 April 2019.

Dalam arahannya Kabaharkam Polri menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk menyamakan persepsi antara Polri dengan kementerian, pengelola obyek vital nasional dan obyek tertentu.

“Hal tersebut sebagai implementasi sinergitas untuk menjamin keamanan iklim investasi di Indonesia dan menumbuhkan kewaspadaan masyarakat lingkungan obyek vital nasional dan obyek tertentu khususnya terkait dengan pembangunan proyek Kereta Cepat Indonesia-China dalam menghadapi ancaman dan gangguan keamanan di bidang Obvitnas dan Obyek Tertentu,” ungkap Komjen Pol Moechgiyarto.

Setiap perusahaan, lanjut Kabaharkam Polri, dituntut untuk dapat mengelola dan mengamankan aset perusahaan dengan memberdayakan unsur manajemen, karyawan, dan pengamanan internal dalam rangka mendukung operasional perusahaan agar dapat terwujud hasil produksi yang optimal.

Pada umumnya perusahaan dan khususnya PT KCIC yang merupakan Obvitnas memiliki peran yang cukup strategis dalam mendorong pembangunan nasional, sistem politik, dan keamanan nasional. Menurut Kabaharkam Polri, hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang melindungi perusahaan terutama usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, untuk kepentingan negara, dan/atau sumber negara yang bersifat strategis dengan menerbitkan Kepres Nomor 63 Tahun 2004 tentang Obvitnas.

“Dalam Kepres tersebut mengamanatkan kepada Polri untuk memberikan bantuan pengamanan terhadap Obvitnas dan bersama-sama dengan pengelola Obvitnas untuk melaksanakan secara periodik audit sistem pengamanan yang ada sesuai Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia,” kata Komjen Pol Moechgiyarto.

Dalam kesempatan itu, Kabaharkam Polri didampingi oleh Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri dan Kasubdit Audit Ditpamobvit Korsabhara Baharkam Polri. Turut hadir Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button