HeadlinePolmas

Kabaharkam Polri Cek Langsung Proses Pencarian Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Penanusa.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, lakukan pengecekan langsung kegiatan pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin, 11 Januari 2021.

“Siang ini, saya bersama Kakorpolairud dan Pejabat Utama yang lain sedang melaksanakan perintah Bapak Kapolri untuk melakukan pengecekan bantuan Polri untuk bergabung bersama Basarnas, TNI, dan pihak lainnya dalam rangka kegiatan SAR pesawat Sriwijaya Air SJ-182,” kata Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan persnya.

Kaopspus Aman Nusa II Penanganan COVID-19 menjelaskan, dalam kesempatan ini Polri menurunkan sebanyak 207 personel dan 15 kapal baik besar maupun kecil dalam rangka mendukung upaya yang dilakukan Basarnas beserta TNI-AL dalam pelaksanaan SAR.

Baca juga: Baharkam Polri Kerahkan Armada Air dan Udara Bantu Pencarian Pesawat SJ 182

“Kegiatan ini akan dilaksanakan mengikuti komando dari Basarnas, sesuai dengan prosedur yang ada,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

Dia juga menjelaskan, karena sudah ada pembagian tugas dimana lokasi inti sudah dilakukan penyisiran oleh Basarnas dan TNI, maka tim Polri memperluas lokasi penyisiran mengingat bulan ini angin dan gelombang masih tinggi.

Jika terdapat hasil temuan, baik serpihan pesawat maupun korban, tim Polri akan melakukan pemeriksaan dan melaporkannya kepada Basarnas.

Dalam peninjauan ini Kabaharkam Polri didampingi oleh Kakorpolairud Baharkam Polri, Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri, dan Kasubdit Intelair Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.

Rombongan Kabaharkam Polri berangkat ke lokasi menggunakan helikopter Dauphin AS 36N3 Nomor Register P-3101 yang berangkat dari Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri di Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Pengecekan didahului dengan patroli udara di atas sekitar lokasi yang diduga titik pesawat jatuh. Kemudian Kabaharkam Polri dan rombongan menuju Kapal Polisi (KP) Bisma yang menjadi Posko induk bantuan SAR yang dikerahkan Polri.

“Peninjauan langsung ke kapal patroli Bisma untuk memotivasi anggota Polri yang melaksanakan operasi kemanusiaan mendukung tugas Basarnas ini,” kata Komjen Pol Agus Andrianto. (*)

Baca juga: Pagi Ini Tim Polri Lakukan Penyelaman Cari Korban dan Bagian Pesawat SJ 182

Pos Terkait

Back to top button