Polmas

Kabaharkam Polri Hadiri Gladi Bersih I Simulasi Protokol Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di Labuan Bajo

Penanusa.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, selaku Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, mewakili Kapolri menghadiri Gladi Bersih I Simulasi Protokol Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di DPSP Labuan Bajo, bertempat di Hotel Inaya Bay, Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 10 November 2020.

Gladi Bersih I ini berfokus pada penanganan kebakaran dan tenggelam kapal yang bertujuan membangun kepercayaan publik nasional dan internasional serta menjamin keamanan dalam kegiatan wisata di Indonesia.

Kronologi Simulasi Evakuasi

– Kapal penumpang yang membawa wisatawan asing mengalami kebakaran dan melaporkan kepada Posko Terpadu.

– Laporan diterima oleh Posko Terpadu dan langsung ditindaklanjuti.

– Kakansar menerima sinyal distress dari Posko Terpadu Labuan Bajo.

– Posko Terpadu berkomunikasi dengan potensi SAR di Labuan Bajo untuk membantu pelaksanaan operasi SAR.

– Pengerahan unsur Basarnas sebagai SRU.

– Kapal Basarnas melakukan operasi pencarian dan pertolongan dengan mengikuti protokol COVID-19.

– Pengerahan unsur potensi sebagai SRU.

– Seluruh potensi SAR memberikan bantuan pergerakan alat utama (Alut) menuju lokasi kejadian.

– Awak helikopter Basarnas terjun ke laut (heljump).

– Setelah para korban dikumpulkan di satu titik, datang helikopter melakukan evakuasi dengan teknik hoisting (mengangkat korban dari laut ke helikopter).

– Para korban yang sudah dievakuasi menggunakan helikopter dibawa ke bandara dan diantar ke rumah sakit terdekat oleh ambulans.

– Kapal penolong datang ke lokasi kejadian dan melaksanakan operasi SAR.

– Setelah para korban dapat diangkat ke kapal dilanjutkan menuju dermaga ASDP dan dilarikan ke rumah sakit terdekat dengan ambulans dengan menerapkan protokol kesehatan.

– Selanjutnya simulasi ditutup dengan adegan flypass unsur udara (Helikopter Douphin Basarnas, Helikopter Bell 429 Polri, Helikopter Bell 412, dan Chinook BNPB).

– Alut yang digunakan dalam simulasi: Helikopter milik Basarnas, Polri, dan BNPB serta kapal laut milik Lanal, Polri, dan Bakamla.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabasarnas Marsma TNI Bagus Puruhito SE, MM, Stafsus Menparekraf Irjen Pol Adi Deriyan, Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH, M.Hum, perwakilan BMKG, perwakilan BNPB, Kakorsabhara Baharkam Polri, Kakorpolairud Baharkam Polri, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri, Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri, Dirpolairuda NTT, dan Kapolres Manggarai Barat.

Pos Terkait

Back to top button