Nasional

Kabaharkam Polri Jadi Narasumber di Rakornas yang Dihadiri Menkopolhukam dan Mendagri

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Irjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, menghadiri sekaligus menjadi narasumber mewakili Kapolri dalam Rapat Koordinasi Nasional Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019, di Hotel Paragon, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.

Hadir dalam Rakornas tersebut Menkopolhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial tingkat nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, serta pejabat pimpinan tinggi madya dan pejabat pimpimpinan tinggi pratama kementerian/lembaga. Total peserta berjumlah 1.500 orang.

Narasumber lainnya adalah Panglima TNI diwakili Aster Panglima TNI dan KaBIN diwakili Deputi II BIN. Hadir pula lima kepala daerah terbaik, yakni Gubernur Jawa Timur, DI Yogyakarta, Lampung, Maluku Utara, dan Aceh.

Dalam kesempatan ini, Kabaharkam Polri menyampaikan materi dengan tema “Peran Polri dalam Merekatkan Persatuan dan Kesatuan pasca-Pemilu Serentak Tahun 2019”.

Kabaharkam Polri memaparkan, demi terselenggaranya Pemilu 2019 yang aman dan damai, Polri mengerahkan 271.880 personel yang terlibat dalam pengamanan. Jumlah tersebut terdiri dari 4.174 personel Mabes Polri dan 267.706 personel Polda jajaran.

Sementara terkait penanganan konflik sosial pasca-Pemilu 2019, berikut peran yang diambil Polri sebagai pelindung, pemgayom, dan pelayan masyarakat:

1. Memastikan seluruh pentahapan Pemilu 2019 berjalan aman dan kondusif.

2. Melakukan penggalangan terhadap tokoh masyarakat, tokoh adat, dan massa pendukung calon agar bersama menjaga kondusifnya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas).

3. Memberdayakan 3 Pilar Kamtibmas (Babinsa, Kades/Lurah, dan Bhabinkamtibmas) bersama masyarakat mendeklarasikan masyarakat rukun dan damai pasca-Pemilu 2019.

4. Membuat imbauan Kamtibmas agar masyarakat tidak melakukan tindakan melanggar hukum.

5. Melakukan upaya penegakan hukum terhadap pihak yang mencoba memprovokasi massa pendukung yang dapat menimbulkan terjadinya konflik.

Tak lupa, Kabaharkam Polri mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik Polri saat pengamanan Pemilu 2019. Total 25 personel Polri gugur dalam Pam Pemilu 2019, terdiri dari 1 perwira tinggi (Pati), 2 perwira menengah (Pamen), 13 perwira pertama (Pama), dan 9 bintara.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button