Nasional

Kabaharkam Polri Lanjutkan Kunker ke Polda Kep Babel

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, kembali melanjutkan kunjungan kerjanya dalam rangka pelaksanaan conditioning strategy menghadapi Pemilu 2019.

Kali ini, Kamis, 14 Maret 2019, Kabaharkam Polri telah tiba di Polda Kepulauan Bangka Belitung untuk memberikan arahan kepada personel Bhabinkamtibmas dan pengemban Polmas.

Kedatangan rombongan Kabaharkam Polri langsung disambut oleh Wakapolda Kep Babel Kombes Pol Drs Djoko Erwanto beserta sejumlah pejabat utama Polda Kep Babel. Sementara Kapolda Kep Babel sedang menyambut kunker Presiden RI Ir H Joko Widodo di wilayah hukumnya.

Di Babel ini, Kabaharkam Polri kembali mengungkapkan bahwa Baharkam Polri telah menyusun strategi dalam rangka mencegah dan menangkal gangguan Kamtibmas untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang mantap dan kondusif melalui tiga tahapan, yaitu: pengondisian, pemolisian, serta kemitraan dan penegakan hukum.

Strategi pengondisian merupakan kegiatan Bhabinkamtibmas dan Polmas dalam rangka memberikan motivasi atau stimulus terhadap pola pikir masyarakat untuk menumbuhkembangkan kesadaran betapa pentingnya mengamankan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan tempat tinggal/kerja, mampu mendeteksi ancaman gangguan Kamtibmas, serta proaktif menyampaikan informasi kepada Bhabinkamtibmas dan pengemban Polmas.

Strategi pengondisian ini dilaksanakan dengan tahapan kegiatan Door to Door System (DDS) dan membangun informan desa/kelurahan kawasan dan komunitas interes.

Sedangkan strategi pemolisian serta kemitraan dan penegakan hukum merupakan kelanjutan dari strategi pengondisian yang pada dasarnya mengikutsertakan potensi masyarakat yang telah tergalang pada strategi pengondisian untuk membantu tugas Polri.

“Sebenarnya, jika penerapan strategi Baharkam Polri ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh jajaran Baharkam Polri di kewilayahan, terutama penerapan strategi pengondisian dengan kegiatan Door to Door System dan membangun jaringan informasi potensi masyarakat, baik di wilayah pemukiman dan kawasan maupun pada komunitas interes, maka dapat mendukung terwujudnya penyelenggaraan Pemilu 2019 yang aman dan kondusif,” kata Komjen Pol Moechgiyarto.

Tak lupa, untuk menghidupkan suasana pemeliharaan dan peningkatan kemampuan (Harkatpuan) tersebut, Kabaharkam Polri melemparkan kuis. Bagi peserta yang mampu menjawab soal, langsung mendapat apresiasi.

Selain itu, disampaikan juga arahan teknis dari Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Drs Edi Setio MSi, terkait aplikasi Binmas Online System (BOS).

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button