Nasional

Kabaharkam Polri Matangkan Persiapan Operasi Binmas Papua 2019

Baharkam Promoter! – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terus mantapkan rencana Operasi Binmas Papua 2019, dalam rangka menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas terkini di Papua dan Papua Barat, serta beberapa wilayah Polda yang banyak terdapat komunitas masyarakat Papua.

Untuk itu, hari ini, Senin, 2 September 2019, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Condro Kirono, sebagai wakil penanggung jawab operasi tersebut, menggelar video converence dengan Polda Papua, Polda Papua Barat, dan Polda tempat konsentrasi masyarakat Papua.

Rencannya, Operasi Binmas Papua akan dilaksanakan selama 30 hari, 9 September-8 Oktober 2019. Cara bertindak yang akan dilakukan dalam bentuk bakti sosial, pendekatan tokoh masyarakat, sosialisasi, pembinaan masyarakat, dan lain-lain.

Pelaksanaan Operasi Binmas Papua 2019 akan dikepalai oleh Kakorbinmas Baharkam Polri, dan sebagai wakilnya Kakorsabhara Baharkam Polri, serta bertanggung jawab langsung kepada Kapolri.

Sebelumnya, telah terjadi kerawanan Kamtibmas di Papua dan Papua Barat akibat beberapa kejadian seperti aksi unjuk rasa terkait aksi rasisme terhadap mahasiswa asal Papua, isu disintegrasi Papua dari NKRI, aksi kekerasan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata, dan masyarakat terprovokasi oleh berita hoaks di media sosial.

Diharapkan, dengan adanya operasi tersebut, keadaan keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua dan Papua Barat, serta daerah lainnya, akan pulih kembali.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button