Nasional

Kabaharkam Polri: “One Way” Efektif Urai Kemacetan

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, lakukan pemantauan arus balik Mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 M, Minggu, 9 Juni 2019.

Setelah bergabung mendampingi rombongan Menteri Perhubungan, Menteri Kesahatan, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kabaharkam Polri lakukan pemantauan arus balik dari arah Jawa Tengah menuju Jawa Barat melalui udara.

Terpantau dari udara, terjadi penumpukan arus lalu-lintas sepanjang kurang lebih 10 km di jalan arteri wilayah Losari, Brebes, yang menuju ke arah barat. Begitu juga sebaliknya, terjadi penumpukan sepanjang sekitar 5 km.

Menurut informasi dari Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy SH, SIK, M.Pict, M.Iss, pada pukul 10.30 WIB telah terjadi patah as sebuah truk bermuatan yang mengakibatkan terjadinya kepadatan tersebut. Namun pada pukul 11.30 WIB truk sudah dievakuasi dan pukul 12.00 WIB lalu-lintas sudah mulai mencair, yakni yang mengarah gerbang tol Palimanan.

Setelah diberlakukannya sistem One Way (satu arah) pada pukul 12.00 WIB dari arah wilayah Jateng, terpantau telah terjadi penumpukan kendaraan sepanjang kurang lebih 7 km akibat antrean untuk melintasi gerbang tol Palimanan. Setelah melintasi gerbang tol Palimanan, terpantau arah barat tergolong lancar, tidak terjadi kemacetan/kepadatan.

“Secara umum, penerapan One Way kendaraan dari arah timur ke barat sangat efektif untuk mengurai kemacetan,” ungkap Komjen Pol Condro Kirono.

Pemantauan dari udara dilanjutkan dari Pejagan menuju Cirebon. Kemudian dari Cikopo, rombongan Kabaharkam Polri melanjutkan pemantauan arus balik ke arah barat sampai Pelabuhan Bakauheni Lampung.

“Hari Minggu ini adalah puncak arus balik para pemudik kembali ke Jakarta, mengingat besok Senin sudah mulai masuk kerja. Secara umum terjadi peningkatan yang signifikan arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung. Alhamdulilah, hasil dari kerjasama yang baik antar petugas Polda Lampung dan seluruh stakeholder yang ada di Bakauheni, antrean kemacetan kendaraan roda dua (KR 2/sepeda motor) dan kendaraan roda empat (KR 4/mobil) bisa dikelola dengan baik,” kata Komjen Pol Condro Kirono.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button