Nasional

Kabaharkam Polri Pantau Situasi Mudik di Darat, Air, dan Udara

 

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, lakukan pengecekan kesiapan personel pengamanan dan peralatan pendukung dalam rangka Operasi Ketupat 2019 di wilayah hukum Polda Jawa Timur, Sabtu, 1 Juni 2019.

Pada kesempatan ini Kabaharkam Polri didampingi oleh Kakorsabhara Baharkam Polri, Kakorpolairud Baharkam Polri, dan Kakorbinmas Baharkam Polri.

Dalam pelaksanaannya, Kabaharkam Polri pantau langsung kesiapan pelayanan mudik dan pengamanan Ops Ketupat 2019, baik yang menggunakan moda transportasi darat, air, maupun udara. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, Sabtu-Senin, 1-3 Juni 2019.

Pukul 15.15 WIB, peninjauan pertama di Pos Terpadu Lebaran 2019 di Bandara Internasional Juanda Sidoardjo, Jawa Timur, didampingi oleh Wakapolda Jatim, Pejabat Utama Polda Jatim, otoritas Bandara Djuanda, dan stakeholder terkait. Terpantau, arus mudik lebaran menggunakan moda transportasi udara tahun ini, mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 22% ke semua destinasi.

Pukul 16.00 WIB, Kabaharkam Polri dan rombongan melakukan pengecekan kesiapan dan kelaikan transportasi laut yang digunakan oleh para pemudik dari dan keluar Pulau Jawa, didampingi oleh otoritas pelabuhan Gapura Surya Tanjung Perak.

Dalam peninjauan langsung di pelabuhan Tanjung Perak, sesuai data dari Ops Gapura Surya Surabaya, diperoleh informasi bahwa terjadi lonjakan penumpang pengguna moda transportasi laut sebesar 14% ke semua destinasi selama libur Lebaran 2019.

“Hal tersebut dikarenakan armada laut sekarang dinilai lebih nyaman, murah, dan banyak pilihan. Serta harga tiket moda transportasi udara yang mengalami kenaikan, sehingga masyarakat banyak memanfaatkan moda transportasi laut,” kata Komjen Pol Condro Kirono.

Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan pembagian takjil kepada para pemudik dan kegiatan baksos serta bakkes. Tidak lupa diberikan santunan kepada anak yatim, pelaksanaan buka puasa bersama dengan personel Polres Kp3 Tanjung Perak, Toga, Tomas, serta Bonek Mania Surabaya, dilanjutkan sholat maghrib dan tarawih berjamaah.

Pukul 20.00 WIB, Kabaharkam Polri melakukan pengecekan kesiapan moda transportasi darat yakni kereta api di stasiun Pasar Turi Surabaya, didampingi oleh Pimpinan KAI Daops Surabaya, Wakapolda Jatim, para PJU Jajaran Baharkam Polda Jatim, serta Kapolrestabes Surabaya.

Dalam kesempatan ini, dilakukan pengecekan secara langsung di Pospam Terpadu serta dilakukan random check ke dalam kereta yang akan digunakan oleh para pemudik dari dan ke tujuan Surabaya. Kenaikan penumpang yg menggunakan moda transportasi kereta Api selama musim libur lebaran tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 40%.

[AKP Bambang AS]

 

Pos Terkait

Back to top button